Pemerintahan

Sukseskan Pemilu, KPU Kukuhkan Relawan Demokrasi Sekaligus Gelar Bimtek

BATULICIN – Beberapa waktu yang lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu merekrut Relawan Demokrasi. Hasilnya, sebanyak 55 orang diterima sebagai Relawan Demokrasi yang nantinya bertugas untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilu 2019.

Senin (21/01) pagi, bertempat di Mahligai Bersujud, puluhan relawan demokrasi tersebut dikukuhkan oleh Ketua KPU Tanah Bumbu, Makhruri.

Usai dikukuhkan, para relawan demokrasi mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Demokrasi.

Ketua KPU Tanbu, Makhruri, mengatakan relawan demokrasi merupakan mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih di Kabupaten Tanah Bumbu.

Relawan demokrasi inilah yang mensosialisasikan Pemilu kemasyarakat dengan sasaran 11 basis masyarakat seperti pemilih pemula, pemilih muda, komunitas, keagamaan, disabilitas, berkebutuhan khusus, kaum marginal, pemilih perempuan, keluarga, warga internet, dan relawan demokrasi.

Setelah dikukuhkan dan mendapat bimtek, relawan demokrasi bisa langsung turun kelapangan hingga pemilu berakhir.

Makhruri berharap keberadaan relawan demokrasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

IMG-20190121-WA0008

Sementara itu, pengukuhan dan bimtek relawan demokrasi, juga dihadiri Komisioner KPU Provinsi Kalsel H Nor Zazin sekaligus jadi narasumber.

H Nor Zazin menyampaikan sebagai relawan demokrasi harus bersikap independen dan netral walaupun secara pribadi mempunyai pilihan masing-masing.

Adapun narasumber Bimtek dari KPU Tanbu yaitu, Faisal Riza yang menangani Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partipasi Masyarakat, dan SDM.

Kemudian Daswoto pada Divisi Teknis Penyelenggaraan, serta Hasmiya Ningsih dari Divisi Perencanaan Data dan Informasi. (rel)

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya