Pemerintahan

Sudian Noor: Usulan Desa Harus Berdasarkan Skala Prioritas

BATULICIN – Sebagai bagian dari upaya memaksimalkan rencana pembangunan kedepan kita semua harus membuat perencanaan yang baik, berupa usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat, bukan keinginan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dalam sambutanya saat membuka Musayawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat Kecamatan Batulicin, Rabu (06/03/2019) di Aula Kantor Desa Sukamaju Kecamatan Batulicin.

Menurutnya, usulan program rencana pembangunan yang disampaikan oleh desa hendaknya berskala prioritas dan berwawasan kebutuhan mendasar dari masyarakat, sehingga hasilnya nanti benar-benar dapat menyentuh keinginan masyarakat banyak.

“Usulan yang disampaikan tidak perlu banyak-banyak, yang terpenting usulan harus bener-benar merupakan skala prioritas masyarakat kita,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, selama ini yang menjadi kebutuhan publik tidak terlepas dari tiga bidang penting dalam kehidupan masyarakat. Tiga hal tersebut adalah bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

“Visi Misi kita sudah jelas, untuk memajukan kesejahteraan masyarakat kita sudah membuat program Tri Dharma Pembangunan, yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” papar Bupati.

Disamping itu, menurut Sudian Noor, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Pusat melalui kepemimpinan Presiden Joko Widodo juga meluncurkan sejumlah program yang pro rakyat. Diantaranya bantuan bedah rumah melalui program satu juta rumah dan bantuan kesejahteraan lainya yang semuanya untuk kesejahteraan bersama.

Untuk itu, Bupati meminta seluruh Kepala Desa, utuk memperhatikan dan mensosialisasikan program-program bantuan dari pemerintah pusat tersebut, sehingga desa dapat menyerap semua bantuan secara maksimal.

“Misal tentang bantuan bedah rumah, dimana tahun lalu kita mendapatkan 302 rumah dan tahun ini sebanyak 62 rumah. Bantuan ini banyak yang tidak diketahui oleh masyarkat kita, sehingga penyerapannya tidak maksimal,” ujarnya.

Diakhir sambutanya, bupati juga mengajak para pemangku kepentingan untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan, yang kemudian diintegrasikan dengan Prioritas Pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan dan Kabupaten.

Musrembang tingkat Kecamatan Batulicin tersebut dihadiri Anggota DPRD,Kepala SKPD, Camat dan Unsur Muspika Batulicin, Kepala Desa beserta perangkatnya, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta Stakeholder lainya.

Kegiatan ini dilaksanakan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. Dimana jadwal pelaksanaan kegiatan sudah disusun dan diatur oleh Bappeda Kabupaten Tanah Bumbu sebagai leading sektor pelaksanaan kegiatan. (Ynr)

Berita Terkait

Pemkab Sambut Kedatangan Jamaah Haji Asal Tanah Bumbu

admin

Kontribusi Dalam Pemenuhan Hak Anak, Apresiasi Untuk PT Arutmin Site Batulicin

admin

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya