Sekda Bersih Pantai dan Tanam Mangrove

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Lingkungan Hidup yang bekerjasama dengan PT. Borneo Indo Bara (BIB) menggelar aksi nyata bersih pantai dan penanaman mangrove dalam di pantai Sungai Dua Laut Kecamatan Sungai Loban, Sabtu (18/06/2022).

Kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove yang dilaksanakan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022.

Adapun tema dari peringatan hari lingkungan sedunia kali ini adalah” Only One Earth” yang berarti kita ada disatu dunia sedangkan untuk tema Nasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian lingkungan Hidup yakni, “Satu Bumi Untuk Masa Depan”.

Dalam sambutanya perwakilan perusahjaan, Hasan Ashari mengatakan, bersama dengan pemerintah daerah melaksanakan aksi nyata yakni melakukan kegiatan bersih pantai dan penanaman 2.000 batang mangrove di pesisir pantai Desa Sungai Dua Laut.

Kemudian dipilih untuk menanam mangrove bukan bakau, sebab diketahui bersama banyak sekali manfaat dari hutan mangrove terutama tiga hal yang utama, pertama hutan mangrove bisa mencegah terjadinya abrasi pantai, kedua hutan mangrove juga dapat sebagai penghasil oksigen dan menyerap gas beracun, kemudian yang terakhir hutan mangrove juga dapat berfungsi sebagai biota laut dan mata rantai plankton dan makanan ikan ikan kecil.

Selain melalukan kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove, perusahaan juga melaksanakan beberapa program selama kampanye Hari Lingkungan Hidup sedunia Tahun 2022 ini, antara lain webinar dan sosialisasi terkait lingkungan hidup, melaksanakan kegiatan lomba foto dan video yang bertemakan lingkungan serta gerakan bersepeda sehat.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar dalam sambutanya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H Ambo Sakka mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah, menyambut baik dan mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan Penanaman Pohon Mangrove dan Bersih Pantai ini.

Kerena disamping sebagai bentuk kepedulian sosial, juga dalam menjaga keberlangsungan ekosistem Mangrove di daerah, juga bertepatan dengan peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia.

“Hal ini, mengingatkan kita akan kewajiban untuk menjaga alam dan melestarikan alam. Karena bumi yang kita tinggali sekarang akan menjadi rumah bagi anak dan cucu kita di masa mendatang, sehingga generasi masa depan dapat hidup di lingkungan yang lebih bersih, aman, dan hijau,” kata Sekda Tanbu.

Oleh karenanya, melalui momentum itu Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga menghimbau kepada para pemerhati lingkungan dan seluruh lapisan masyarakat untuk bergabung bersama-sama dan turut mensukseskan kegiatan ini.

“Sebab dengan kita saling bersinergi, bersatu padu dan saling bahu membahu dalam membangun, insya Allah bersama pula kita mampu menyelamatkan Hutan Mangrove, dan mewujudkan lingkungan alam Bumi Bersujud yang lestari,” pungkasnya.

Kegiatan bersih pantai dan penanaman mangrove ini juga ditandai dengan penyerahan bibit oleh Sekda kepada pengelola pantai dan penyerahan bak sampah oleh perwakilan perusahaan.

Selanjutnya Sekretariat daerah yang didampingi oleh Ketua DWP Tanah Bumbu, perwakilan perusahaan serta unsur Muspika Sungai Loban melaksanakan penanaman mangrove secara serentak di pinggir pantai desa Sungai Dua Laut. (Iwn)

No Responses

Comments are closed.