Pemerintahan

SDN 1 Bayansari Ikuti Lomba Adiwiyata Tingkat Kalsel 2023

BATULICIN – SDN 1 Bayansari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023.

Kepala SDN 1 Bayansari Kecamatan Angsana, H Ngadiyana, M.Pd mengatakan latar belakang terpilihnya SDN 1 Bayangsari mengikuti lomba sekolah Adiwiyata berdasarkan pengawasan yang dilakukan Tim Kecamatan Angsana.

Ia mengatakan pada tahun ajaran 2020-2021, SDN 1 Bayansari terpilih mewakili Kecamatan Angsana untuk mengikuti lomba sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten yang di laksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

“Pada tahun 2020-2021 itu sebetulnya sekolah Kami belum siap ikut lomba Adiwiyata Kabupaten, karena belum banyak pengetahuan tentang itu,” ujar Ngadiyana, Jumat (21/7/2023).

Baca juga : Peduli Lingkungan, Enam Sekolah di Tanah Bumbu Terima Penghargaan Adiwiyata

Namun, secara bertahap SDN 1 Bayansari terus mendapatkan dukungan, bimbingan, dan pembinaan dari DLH Tanbu.

Setelah itu, pihak sekolah, komite sekolah, dan pemerintah desa bergotong-royong untuk berbenah.

SDN 1 Bayansari

Selain itu juga, pihaknya melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang sudah berhasil dalam lomba Adiwiyata pada tahun sebelumnya.

“Kita pelajari, lalu kerjakan,” ungkapnya.

Dalam mengikuti Lomba Adiwiyata Kabupaten, sebut Ngadiyana, banyak manfaat dan perubahan yang lingkungan sekolah rasakan.

Seperti, lingkungan yang dulunya gersang sekarang lebih rindang. Kemudian dulunya sampah berserakan, sekarang menjadi lebih bersih dan tertata.

Dulu sampah cuma satu wadah, sekarang jadi tiga wadah yakni organik, anorganik, dan kimia.

“Banyak perubahan dan manfaat yang Kami rasakan setelah ikut program Adiwiyata ini. Tidak hanya pada lingkungan yang bersih dan sehat, tapi juga pada perubahan perilaku lingkungan sekolah menjadi lebih baik,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Ngadiyana, perubahan dan manfaat yang dirasakan tersebut disampaikan ke Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu.

Kemudian mendapatkan respon positif dari DLH Tanbu yang selanjutnya SDN 1 Bayansari menjadi salah satu sekolah yang mengikuti lomba Adiwiyata Tingkat Kalsel Tahun 2023. (Ddi)

 

Baca juga : Kickoff Program Adiwiyata Kerjasama DLH Tanah Bumbu Dengan Pihak Ketiga

 

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

 

Berita Terkait

Bupati Tanbu dampingi Danlantamal XIII Tarakan meresmikan Rumah Jabatan Komandan Pos TNI AL Batulicin

admin

Pemkab Tanbu Serahkan Bansos pada Masyarakat Kurang Mampu

admin

BPBD Tanbu Gelar Ekspose Laporan Akhir RPB

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link