Pemerintahan

Sari Utama Wakili Sungai Loban Pada Lomba Desa

BATULICIN – Desa Sari Utama mewakili Kecamatan Sungai Loban dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan dalam rangka Evaluasi dan Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2019.

Berlokasi di Balai Desa dan Kantor Desa Sari Utama, Senin (18/3/2019) Kegiatan Lomba Desa dihadiri unsur Muspika Camat Sungai Loban, Polsek, Koramil, TP PKK Kecamatan, Puskesmas, KUA, BPP, para Kepala Desa, pihak Perusahaan serta rombongan Tim Penilai dari beberapa SKPD Kabupaten.

Desa Sari Utama dalam lomba membuat belasan barisan stand kuliner yang menampilkan beraneka ragam menu masakan khas dari masing-masing RT. Penyajian aneka menu yang merupakan potensi kuliner di desa ini, mendapat perhatian khusus bagi peserta yang menghadiri Penilaian Lomba Desa.

Kepala Desa Sari Utama, Agus Wahyudi berharap semoga kegiatan lomba berjalan lancar dan mendapatkan hasil sesuai seperti yang diinginkan.

Ia juga memaparkan potensi desa yang memeiliki luas 2981 Ha, dengan 3 Dusun, 5 RW dan 18 RT. Jumlah KK saat ini 667, dengan jumlah penduduk yang besar 2150 jiwa tentu menjadi potensi SDM.

Kegiatan ekonomi unggulan seperti usaha pentol yang pemasarannya pun sudah merambah ke kecamatan lain. Ada pula usaha tahu dan tempe dengan potensu kebutuhan bahan baku kedelai sekitar 9 ton per bulan.

Di sektor perkebunan Karet dengan luas lahan 500 ha, mampu menghasilkan 100 s/d 150 ton per bulannya, kemudian potensi lahan sawit plasma seluas 1610 ha.

Agus juga menyampaikan, Bumdes dengan sumber dana dari Dana Desa dipastikan bisa berkembang, akan memberikan dampak ekonomi, lapangan pekerjaan. Peningkatan kegiatan dapat bersinergis dengan pihak lain, baik di bidang Pendidikan dan Kesehatan sudah ada kader posyandu, posbindu dan posyandu lansia.

FB_IMG_1552903051781

Camat Sungai Loban Samsir menyampaikan apresiasinya atas perjuangan Kepala Desa Sari Utama bersama warganya yang mewakili Kecamatan Sungai Loban Dalam lomba desa.

Camat menceritakan cukup luasnya desa Sari Utama sehingga sempat membuat tim penilai ‘nyasar’ di desa.

“Desa Sari Utama dengan multi budaya, masih kental dengan kegotong royongan dan partisipasi masyarakatnya. Untuk program IVA di desa ini adalah tertinggi partisipasinya tingkat Kecamatan Sungai Loban,” sebut Camat.

Menyinggung program pemerintah, yakni program Dana Desa dari Pusat, Camat mengatakan Pemerintah sangat serius dalam membangun Indonesia dari pinggir.

“Tahun ini usulan jalan tembus ke Desa Betung untuk peningkatan kualitas jalan dikabulkan dikerjakan pada tahun 2019. Semoga nantinya jalan tersebut bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi pengembangan ekonomi,” harap Camat.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyampaikan selain melaksanakan Lomba Desa, Tim juga melaksanakan Lomba Kelurahan.

Lomba desa merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang sudah nenjadi agenda nasional. Tahun ini lomba desa dilaksanakan per Regional, Kal-Sel termasuk Regional 3 yakni Kalimantan dan Sulawesi.

Indikator penilaian adalah data desa dua tahun terakhir yakni data 2017 dan 2018 untuk menilai potensi dan perekembangan desa. UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa menyebutkan bahwa Bupati dan perangkat daerah wajib melakukan pembinaan di desa secara berkelanjutan.

Setelah melakukan penilaian, Tim Evaluasi Lomba Desa yang terdiri dari TP PKK Kabupaten, Dinas PMD, BPBD, Satpol PP & Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Dinas Kominfo diajak untuk mengunjungi stand kuliner yang menampilkan beraneka ragam menu masakan khas dari masing-masing RT sekaligus Tim mencicipi dalam sesi makan siang bersama sebelum berlanjutnya Penilaian Desa. (Iws)

Berita Terkait

Rakoor Persiapan Pelatihan Paskibraka Tingkat Kabupaten Tanbu

admin

Bupati Tanah Bumbu Raih Penghargaan dari Gubernur Kalsel

admin

FAD Tanbu: Ciptakan lingkungan Sekolah Aman Bebas Perundungan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya