Pemerintahan

RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor Terima Sertifikat Akreditasi Paripurna *Memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit

BATULICIN – Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) memberikan Sertifikat Akreditasi Tingkat Paripurna Bintang Lima kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Andi Abdurrahman Noor (DAAN). Sertifikat diberikan sebagai pengakuan bahwa rumah sakit tersebut telah memenuhi standar akreditasi rumah sakit.

Sertifikat diserahkan langsung oleh Ketua Eksekutif KARS, DR dr Sutoto MKes kepada Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, Senin (12/2/2018) di Sekretariat KARS, Jakarta. Turut mendampingi Direktur RSUD DAAN dr Arman Jaya Rikki dan Komite Perencanaan Pembangunan H Ardiansyah.

Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor menyambut baik dengan diraihnya sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima yang diberikan kepada RSUD DAAN. Dengan status akreditasi peripurna tersebut maka Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah ini telah memenuhi standar pelayanan baik dari sarana maupun prasarananya.

“Memberikan pelayanan kesehatan masyarakat dengan sebaik-baiknya sehingga masyarakat puas dengan pelayanan kesehatan yang diberikan merupakan komitmen Pemerintah Daerah sebagaimana yang di inginkan oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming,” sebut H Sudian Noor.

Menurut Wabup, dikepemimpinannya bersama Bupati Mardani H Maming fokus pada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud. Untuk itu, dalam Visi Misi Pembangunan Daerah, Pemerintah Daerah fokus pada tiga hal yaitu Pendidikan, Kesehatan, dan Infrastruktur.

Salah satunya yang terus ditingkatkan pelayananya yaitu bidang kesehatan. Diterimanya Sertifikat Akreditasi Paripurna Rumah Sakit merupakan langkah nyata dari upaya kita bersama untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang memenuhi standar prosedur sebagaimana yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Sementara itu, Direktur RSUD DAAN, dr Arman Jaya Rikki, mengatakan diraihnya akreditasi paripurna untuk RSUD DAAN tidak terlepas dari dukungan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, Wakil Bupati H Sudian Noor, dan semua pihak yang telah terlibat didalamnya.

Menurutnya, semua rumah sakit wajib terakreditasi, sebab dengan terakreditasinya rumah sakit tersebut maka telah diakui memenuhi standar pelayanan.
IMG-20180214-WA0003
“Sertifikat Akreditasi Paripurna merupakan pengakuan dari lembaga independen (KARS) bahwa RSUD mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dan pemerintah daerah memiliki komitmen besar untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan RSUD,” Kata dr Arman.

Dr Arman berharap, dengan predikat RSUD Terakreditasi Paripurna diharapkan seluruh karyawan RSUD mampu memahami dan mengimplementasikan seluruh standar ataupun pedoman pedoman pelayanan yang telah ditetapkan sehingga kualitas pelayanan bisa terus ditingkatkan guna mencapai kepuasan pasien atau masyarakat atas pelayanan yang diberikan RSUD DAAN.
IMG-20180214-WA0004
Disamping itu, masyarakat juga dituntut untuk berpartisipasi dengan mematuhi aturan-aturan atau Standar Prosedur Operasional yang diberlakukan di RSUD DAAN. Sementara Pemerintah Daerah diharapkan agar terus mengawal dan memberikan dukungan maksimal terhadap peningkatan pelayanan dan pengembangan RSUD.

Terkait proses hingga diraihnya sertifikat akreditasi paripurna dari KARS, dr Arman Jaya Rikki menjelaskan bahwa proses persiapan sudah dimulai sejak tahun 2014 dengan melakukan proses bimbingan maupun kaji banding. Kemudian pada tahun 2017 dilakukan proses pendampingan oleh Tim KARS, Tim Akreditasi dan seluruh staf RSUD DAAN yang bekerja siang dan malam mempersiapkan dokumen dan terus berkoordinasi dalam mengimpelemntasikan seluruh standar pelayanan yang telah ditetapkan.

“Demikian juga Pemerintah Daerah yang memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan anggaran untuk pemenuhan SDM dan sarana prasarana yang dibutuhkan. Setelah persiapan dianggap cukup, RSUD mengajukan permohonan untuk dilakukan survey akreditasi, dan akhirnya Tim Survei Akreditasi dari KARS melakukan survey pada tanggal 11 sampai 14 Desember 2017. Kemudian RSUD DAAN pun akhirnya meraih Akreditasi Paripurna,” Tutup dr Arman Jaya Rikki. (Rel/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

Pemkab Tanbu Hadiri Penilaian Tahap II Geospasial Award 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya