Ribuan Umat Hindu se-Kalsel Melasti di Pantai Madani

Bagikan

BATULICIN – Ribuan warga Hindu yang tergabung dalam persatuan Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) se- Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bekumpul di Pantai Madani, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk mengelar Upacara Melasti sebagai rangkaian peringatan Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1940, Rabu (14/3/2018).

Upacara Melasti kali ini dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Kalsel, Ketua PHDI Provinsi Kalsel, Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Kalsel, Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Ketua Dewan Kesenian Tanbu, Ketua PHDI Tanbu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra beserta jajaran Pejabat Pemkab Tanbu, Camat dan Unsur Muspika Kecamatan Sungai Loban.
IMG-20180314-WA0026

Ketua PHDI Provinsi Kalimantan Selatan, I Ketut Ardika dalam sambutanya mengatakan, upacara Melasti adalah upacara peribadatan bagi umat Hindu dalam menyambut Hari Raya Nyepi yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri dari segala dosa dan kotoran sebelum melaksanakan tapabrata yang akan dilaksanakan.

Disamping itu menurutnya, Kegiatan Melasti ini juga merupakan ajang silaturrahmi bagi umat Hindu yang ada di Kalsel pada khususnya, dan juga ajang silaturrahmi dan kebersamaan bagi suku bangsa yang turut memeriahkan kegiatan ini.

“Tanpa terasa satu tahun silaturrahmi kita umat Hindu Kalsel dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu kembali terjalin melalui kegiatan ini,” ujarnya.

IMG-20180314-WA0028
Pada kesempatan itu, I Ketut Artika, juga menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dalam membantu mensukseskan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh umat Hindu selama ini.

Menurutnya, perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat Tanah Bumbu sangat dirasakan, hal ini dapat dilihat dari difasilitasi dan ketersediaan sarana dan prasarana tempat pelaksanaan di Pantai Madani.

“Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada keluarga besar Mardani H Maming yang dengan tulus ikhlas menghibahkan lahan yang ada di Pantai Madani ini untuk dipergunakan kegiatan keagamaan bagi warga Hindu,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu dalam sambutanya yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H.M Idjra’i, M.Pd menyampaikan permohonan maafnya atas ketidak hadiran Bupati pada pelaksanaan Upacara Melasti 2018 ini.
IMG-20180314-WA0025

Tak lupa juga Bupati Tanah Bumbu mengucapkan selamat atas pelaksanaan upacara Melasti dan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 kepada kepada ribuan umat Hindu yang hadir.

Ia berharap, melalui upacara Melasti ini, bisa membawa makna positif bagi perjalanan hidup warga Hindu pada khususnya dalam upaya membersihkan diri pribadi dari segala perbuatan buruk. Melalui Melasti juga diharapkan mampu membangkitkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa, beragama dan bermasyarakat.

“Perbedaan yang ada, jangan sampai memutuskan hubungan silaturahmi dan kebersamaan kita terganggu dan jadikanlah perbedaan sebagai jembatan kita untuk saling mengenal satu sama lain,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga digelar serah terima surat hibah tanah yang menjadi lokasi pelaksanaan uapacara Melasti di pantai Madani, dari keluarga besar Mardanai H Maming yang diwakili oleh Syafruddin H Maming kepada perwakilan Persatuan umat Hindu Kabupaten Tanah Bumbu yang diwakili oleh Ketua PHDI Tanbu I Ketut Aman. (Ynr/MC.Tanbu)

No Responses

Tinggalkan Balasan