Pemerintahan

Rapat Persiapan P1 Adipura, Tiga Titik Pantau Jadi Perhatian Serius

BATULICIN – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu (DLH Kab. Tanbu) menggelar Rapat Persiapan P1 Adipura Tahun 2017/2018, Rabu (27/9) bertempat di Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Rapat dibuka oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Tanbu, Mustaing, dan dihadiri Pimpinan SKPD Pemkab Tanbu, Pihak Sekolah, dan pengusaha.

Selain menggelar Rapat Persiapan P1 Adipura Tahun 2017/2018, pada kesempatan itu juga disampaikan Ekspose Hasil Penilaian Adipura Tahun 2016/2017 yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala DLH Tanbu, Erno Rudi Handoko, melalui Sekretaris DLH, Zurkani mengatakan Rapat yang dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil ekspose penilaian Adipura.

“Rapat ini dalam rangka meningkatkan pemahaman pemerintah daerah dan masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesadaran lingkungan,” sebut Zurkani seraya mengatakan dengan tumbuhnya kesadaran mengelola lingkungan yang bersih dan sehat juga berdampak pada meningkatnya kualitas hidup masyarakat Tanah Bumbu.

Tidak hanya meningkatnya kualitas hidup, sebut Zurkani, lingkungan yang bersih dan sehat juga akan memperbaiki penilaian Adipura bagi Kabupaten Tanah Bumbu.

Dari hasil ekspose, sebanyak tiga titik pantau menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. Ketuga titik tersebut dinilai masih lemah dan dibawah dari standart rata-rata.

“Secara perlahan titik pantau yang lemah kami perbaiki. Titik tersebut adalah pertokoan, sungai, dan sampah,” Ujar Zurkani.

Untuk pertokoan masih terdapat toko-toko yang tidak menyediakan tempat sampah ditokonya dan tidak adanya penghijauan dilingkungan toko. Sedangkan untuk Sungai tidak adanya penghijauan di bantaran sungai yang berfungsi untuk menahan abrasi. Kemudian untuk sampah , masih terdapat meletakan sampah tidak pada tempatnya.

“Untuk menindaklanjuti kelemahan tersebut, kita terus berupaya melibatkan partisipasi masyarakat dalam hal ini,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, dari beberapa titik penilaian, maka yang baik perlu dipertahankan, dan yang lemah perlu di perbaiki dan ditingkatkan.

Dari hasil ekspose penilaian Adipura Tahun 2016/2017, juga terdapat poin yang tinggi seperti pemukiman, jalan, pasar, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan puskesmas, hutan kota, taman kota, terminal bus/angkot, pelabuhan, Bandar udara, fasilitas pengolah sampah skala kota, bank sampah induk, dan RTH. (Rel/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Wabup Tanbu Muh Rusli gelar Open House, Semangat sambut tamu

admin

Wakil Bupati Muh Rusli Salat Id di Mushola Al Madani Pelita 5

admin

Bupati Tanah Bumbu gelar Open House di Istana Anak Yatim

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link