Pemerintahan

Pustakawan Sekolah Dapat Pelatihan

BATULICIN – Sebanyak 50 orang pustakawan sekolah se Kabupaten Tanah Bumbu dapat pelatihan pengolahan dan pelestarian bahan pustaka, bertempat Dinas Perpustaan dan Kearsipan, Selasa (28/06/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu, Yulia Rahmadani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas M. Saleh mengatakan tujuan dilaksanakan pelatihan ini adalah untuk menciptakan kualitas sumber daya pengelola perpustakaan yang mumpuni, memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, kecakapan dan keahlian dalam mengelola perpustakaan.

“Pengolahan bahan pustaka adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh suatu perpustakaan sebelum melakukan kegiatan pelayanan kepada pengguna, dimana bahan Pustaka (buku) tidak langsung ditaruh di rak- rak perpustakaan, melainkan harus diolah terlebih dahulu agar semua buku tercatat dengan rapi dan kemudian diletakkan pada posisi yang tepat,” ujarnya.

Dengan tujuan agar mempermudah pengaturan penataan dan penempatan bahan Pustaka (buku) serta mempermudah pengguna bahan Pustaka (pemustaka) dalam penelusuran atau pencarian bahan Pustaka.

Pelestarian bahan Pustaka adalah perihal tentang perawatan, pemeliharaan, pengawetan perbaikan dan reproduksi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kondisi bahan Pustaka yang dimiliki akan tetap terjaga dengan baik, terawat sehingga pengguna akan dapat merasa puas menggunakannya.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan pengolahan bahan Pustaka ini bisa memberikan manfaat kepada semua pihak dan mampu meningkatkan keterampilan para pengelola perpustakaan dalam mengelola perpustakaan ditempat masing- masing,” ujarnya saat mengakhiri sambutan. (Ags)

Berita Terkait

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

Pemkab Tanbu Hadiri Penilaian Tahap II Geospasial Award 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya