Pemerintahan

Puskesmas Batulicin Adakan Screening HIV

BATULICIN – Tim Voluntary Counseling and Testing (VCT) Mobile Puskesmas Batulicin melakukan kegiatan Screening HIV untuk siswa SMA sederajat dan ibu hamil.

Koordinator Program HIV-AIDS Puskesmas Batulicin, Agus Jamili Jain mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk menemukan secara dini kasus penderita HIV.

“Pemeriksaan dini ini agar penanganan lebih awal bisa dilakukan pada kasus yang ditemukan,” sebutnya.

Karena menurutnya, kebanyakan kasus yang terjadi selama ini, orang yang terinfeksi sudah berada dalam fase AIDS, yaitu sudah munculnya gejala infeksi akibat penyakit sehingga berpengaruh pada proses perawatan.

Kegiatan Screening HIV-AIDS melalui VCT Mobile untuk siswa sekolah khususnya tingkat SMA sederajat itu sekaligus memberikan edukasi atas resiko perbuatan-perbuatan negatif yang bisa menyebabkan tertularnya virus HIV.

Selain melakukan screening ke sekolah-sekolah, tim VCT Puskesmas Batulicin yang terdiri dari perawat, bidan dan analis kesehatan juga melakukan screening HIV pada ibu hamil yang ada di setiap desa dan kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Batulicin.

Agus menjelaskan tim VCT Puskesmas Batulicin sudah melakukan pemeriksaan ke 3 desa dan 3 SMA sederajat. Kemudian kegiatan akan terus dilanjutkan dengan target keseluruhan 9 desa/kelurahan dan 8 SMA/sederajat yang ada.

Untuk jadwal kegiatan Screening HIV bagi ibu hamil dilaksanakan secara terintegrasi dengan jadwal kegiatan posyandu di tiap desa/kelurahan.

“Oleh karena itu, diharapkan setiap ibu hamil yang ada di desa/kelurahan di Kecamatan Batulicin, agar bisa datang ke posyandu di desa masing-masing dan pemeriksaan ini dilakukan secara gratis,” tutup Agus. (Rel)

Berita Terkait

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

Tanah Bumbu Terbitkan Surat Edaran untuk Kurangi Timbulan Sampah Plastik

admin

Festival Anak Daerah Meriahkan Hari Anak Nasional

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya