Pemerintahan

Puasa minggu ke 2, Pemudik Membludak Padati Pelabuhan Samudera Batulicin

Tanah Bumbu, Media Center – 14 Juni 2016, Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Samudera Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya beberapa hari ini meningkat dari kondisi normal.

Kepala Kantor PT Darma Lautan Cabang Batulicin Saleh, di Batulicin, mengatakan sejak awal Ramadhan 1437 Hijriah jumlah penumpang kapal KM Kirana yang akan mudik menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meningkat.

Menurut beliau, saat ini penumpang kapal rata-rata 600 orang biasanya hanya kisaran 200 penumpang. Untuk angkutan jenis kendaraan juga naik signifikan, ujarnya.

Dan untuk angkutan jenis kendaraann roda dua dan roda empat naik sekitar 100 persen dibandingkan pada kondisi normal baik roda dua maupun roda empat.

Meski terjadi kenaikan jumlah penumpang maupun kendaraan, secara umum jumlah penumpang tersebut masih dibawah kapasitas kapal Roro yang mampu mengangkut penumpang hingga 1000 orang.

Ia memprediksi lonjakan penumpang kapal akan terjadi pada H-10 menjelang hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah dari arah Batulicin.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan, maka PT. Darma Lautan Cabang Batulicin menambah jadwal rute dua kali keberangkatan dalam satu minggu.
Selain menambah jadwal keberangkatan kapal, pihaknya juga menambah satu unit kapal untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari Pelabuhan Samudera Batulicin menuju Surabaya dan sebaliknya.
Untuk harga tiket  penumpang Rp265 ribu per orang, sedangkan untuk kendaraan roda dua sekitar Rp500 ribu rupiah per unit, untuk roda empat sekelas avanza Rp2,3 juta per unit, “ungkapnya.(tys)

Berita Terkait

Pemkab Tanbu Gelar Pasar Murah

admin

TP PKK Tanbu: Pentingnya Kader Pangan di Posyandu

admin

Peranan Dunia Usaha dan Media dalam Mewujudkan KLA di Tanbu

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link