Pemerintahan

Peran Signifikan BP3TI Bagi Pembangunan TIK Indonesia

Jakarta, Kominfo – Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) memiliki peran signifikan sebagai instrumen Pembangunan TIK di Indonesia. ”Justru daerah di Indonesia dimana yang dianggap tidak feasible secara keuangan oleh industri, BP3TI harus hadir di situ,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat Pelantikan Pejabat Eselon III dan IV Kementerian Kominfo serta Direktur Utama BP3TI di Jakarta, Jumat (3/06/2016).

Rudiantara menjelaskan akan memantau terus program yang harus diselesaikan pada tahun ini untuk membangun daerah perbatasan dan Program Palapa Ring. “Mudah-mudahan Paket Timur kontraknya bisa diselesaikan, meskipun diketahui memang tidak mudah dalam eksekusi. Namun paling tidak, Barat dan Tengah akan selesai setelah Idul Fitri, dan kuartal keempat bisa segera dibangun,” paparnya.

Secara khusus Menteri Rudiantara berharap BP3TI dan Kementerian Kominfo harus sinergi dalam melaksanakan program tersebut. “Harus hand in hand dan tidak menjadi objek pada pekerjaan Kominfo. Selaku Menkominfo saya mengapresiasi keberadaan BP3TI dan meminta BP3TI tidak menjadi objek,” tandasnya.

Bagi Rudiantara Dirut dan jajaran BP3TI harus men-drive pelaksanaan program dan sebagai Menkominfo tentunya akan membantu dalam memposisikan BP3TI bisa ada kesetaraan dalam konteks menyelesaikan eksekusi Program KPU/USO untuk pengembangan telekomunikasi dan informatika dengan satker lain yaitu Ditjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen Penyelengaraan Pos dan Informatika serta Ditjen  Aplikasi Informatika serta Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik bisa dimasukkan dalam scope ini.

Rudiantara juga berharap agar anggaran BP3TI sejumlah Rp2 Triliun bisa dieksekusi dengan baik. ”Memang Rp2 Triliun itu belum kelihatan, namun saya berharap Tahun 2019 atau 2020 bisa meningkat ke Rp5 Triiun. Saya akan bicarakan dengan industri, pasti banyak caranya. Namun ini harus dimulai dengan benar walaupun itu kecil, agar ada trust. Jangan nafsu saja besar akan tetapi eksekusi kedodoran. Orang lain tidak akan percaya lagi, dan itu terbukti. Kuncinya ada di audit,” tandas Menkominfo.

Mengakhiri sambutannya Menkominfo Rudiantara meminta semua Satker Kominfo saling dukung agar Kementerian Kominfo semakin lebih baik. Menkominfo juga mengucapkan atas nama pribadi dan keluarga mohon maaf lahir batin dalam memasuki Bulan Ramadhan 1437 H. (dps)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya