Pemerintahan

Lomba B2SA Untuk Cegah Stunting

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu). Melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar lomba menu, beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) untuk cegah stunting tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023. Bertempat di Halaman Kantor Dinas DKPP Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya membiasakan konsumsi menu B2SA di rumah tangga untuk mewujudkan Tanah Bumbu bebas stunting.

Bupati Tanah Bumbu H.M. Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM M. Putu Wisnu Wardana menyambut baik dengan Lomba B2SA untuk mendorong penganekaragaman dan konsumsi pangan sebagai salah satu langkah penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul.

Baca Juga : Penurunan Angka Stunting di Tanbu Terus Membaik

Menurut M Putu Wisnu Wardana, konsumsi pangan berkualitas dapat terwujud. Apabila makanan sehari-hari mengandung gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Melalui lomba harapannya dapat menjadi wadah untuk mengatasi permasalahan gizi ganda, yakni kekurangan dan kelebihan gizi.

“Lomba Menu B2SA ini bertujuan untuk mensosialisasikan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman kepada masyarakat. Dalam lomba ini, peserta dapat memanfaatkan hasil potensi alam daerah untuk diolah menjadi makanan fungsional yang mengandung nutrisi lengkap dan meningkatkan kualitas konsumsi pangan,” sebutnya.

Selain manfaat dalam aspek gizi, lomba ini juga diharapkan dapat membantu menambah pendapatan rumah tangga. Yakni dengan cara memanfaatkan potensi alam daerah dengan menciptakan produk pangan inovatif. Yang memiliki nilai jual dan mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Wahyu Windarti Zairullah juga mengkampanyekan kepada keluarga tentang pentingnya memberikan dan mengkonsumsi makanan menu B2SA. Hal ini dapat memastikan pemenuhan gizi keluarga secara optimal, sehingga terciptanya Sumber Daya Manusia yang berkualitas, produktif, dan berakhlak mulia.

Beragam Menu Lomba, Bergizi, Seimbang, dan Aman Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023. Merupakan langkah konkret dalam memperkuat kemandirian pangan lokal dan melestarikan sumber daya alam.

Melalui kerja sama antara pemerintah daerah, masyarakat, dan para pelaku kuliner. Harapannya konsumsi pangan yang berkualitas dapat menjadi gaya hidup yang terjaga di Kabupaten Tanah Bumbu.

Hadir pada Lomba tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dan undangan lainnya. Sedangkan tim penilai dalam lomba ini terdiri dari Chef Agus Sasirangan, Deddy Hatta Permana, dan Any Ilas Rasa,yang menilai kreativitas, keberagaman, nilai gizi, serta keseimbangan menu yang disajikan oleh peserta. (dwn)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya