Pemerintahan

Pemkab Tanbu Beri Penghargaan Desa Terbaik Program Madinah Berseri

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) beri penghargaan Desa dan kelurahan terbaik dalam penerapan program Madinah Berseri.

Sekda Tanbu Ambo Sakka mewakili Bupati Zairullah Azhar menyerahkan penghargaan, Senin (3/7/2023) di Hutan Kota Batulicin.

Kelurahan Batulicin menjadi Juara Umum Program Madinah Berseri berdasarkan 2 kategori yakni layanan dan non layanan.

Sekda mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi pemberian penghargaan kepada pihak yang mensukseskan Masyarakat Peduli Keindahan, Bersih, dan Lestari (Madinah Berseri).

Sekda berharap program baik ini juga dapat diaplikasikan di SKPD Pemkab Tanbu.

 

Baca juga : https://mc.tanahbumbukab.go.id/kenalkan-budaya-tanbu-melalui-buku-antologi-sayap-sayap-pelita/

 

Menurutnya, menjaga lingkungan sama dengan menjaga imun tubuh. Suasana bersih, indah, nyaman, dan lestari dapat menghilangkan stres.

Berkaitan dengan melestarikan lingkungan ini Pemkab Tanbu sudah mengimbau semua SKPD menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebersihan adalah tanggung jawab bersama,” kata Sekda.

Kepala DLH Tanbu Rahmad Prapto Udoyo mengatakan Madinah Berseri merupakan program turunan dari Adipura Nasional yang di implementasikan skala kabupaten.

Agar secara bertahap seluruh kecamatan bersama desa dan kelurahan memahami dan menerapkan kaidah-kaidah pengelolaan sampah serta RTH.

Tujuannya mendorong kepemimpinan dan komitmen bersama, serta membangun partisipasi masyarakat dalam menciptakan kebersihan dan penghijauan.

Dampak jangka panjangnya sampah yang masuk ke TPA berkurang dan utamanya mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pengendalian perubahan iklim.

Artinya Kabupaten Tanah Bumbu juga berperan aktif berkomitmen menurunkan tingkat emisi GRK skala Nasional sesuai rencana aksi KLHK.

Yaitu Zero Waste dan Zero Emission.

Melalui skema pengelolaan sampah dengan pengembangan elaborasi prinsip dasar Reduce, Reuse dan Recycle dari sumbernya melalui penerapan konsep ekonomi sirkular.

Adapun peraih penghargaan berdasarkan kategori layanan yaitu Juara 1 Kelurahan Batulicin, Juara 2 Desa Kersik Putih, Juara 3 Desa Sebamban Lama, dan Juara 4 Desa Sepunggur.

Baca juga : https://mc.tanahbumbukab.go.id/tanahbumbu-latih-kader-gizi-desa-untuk-cegah-stunting/

 

Kategori non layanan Juara 1 Desa Mustika, Juara 2 Desa Sido Mulyo, Juara 3 Desa Sepakat, dan Juara 4 Desa Tegal Sari.

Plakat kategori pemukiman di raih Desa Batulicin Irigasi.

Selain itu, 15 Desa dan Kelurahan yang masuk nominasi juga menerima sertifikat keikutsertaan program Madinah Berseri.

Acara juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan kepada petugas kebersihan dan RTH berdedikasi.

Kemudian sekolah adiwiyata tingkat Kabupaten Tanbu, dan penghargaan perusahaan yang berpartisipasi pada kegiatan Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’E Tahun 2023. (Ewin/Ddi)

 

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya