Pemerintahan

Pembangunan Kawasan Industri Membuka Pertumbuhan Ekonomi Desa

BATULICIN – Pembangunan kawasan industri di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) tak hanya mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi daerah, digadang-gadang juga mampu membuka pertumbuhan ekonomi desa disekitarnya.

Sebagian besar masyarakat yang akan merasakan dampak dari pertumbuhan dikawasan itu kedepannya adalah Desa Gunung Besar dan Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat.

“Otomatis kalau kawasan industrinya sudah jalan maka akan terbuka lapangan kerja dan juga akan ada perumahan-perumahan disekitar kawasan industri. Kerena rencana pelabuhannya akan di bangun di Desa Sungai Dua. Dan satu keuntungan Desa Gunung Besar yang dekat Sungai Dua akan menerima dampaknya,” Kata Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat malakukan silaturahmi dengan warga Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang, Senin (21/8).

Menurut Bupati, menengok sejarah Kecamatan Batulicin pada 25 tahun silam, sebelumnya wilayah itu boleh dikatakan sepi, namun setelah dibukanya pelabuhan feri penyeberangan Batulicin menuju Kotabaru, maka kawasan itu sekarang sudah mengalami kemajuan yang luar biasa.

Begitu juga Kecamatan Simpang Empat, setelah terbangun pelabuhan samudera maka kawasan disekitarnya menjadi ramai dan memberi dampak ekonomi yang signifikan terhadap masyarakat.

WhatsApp Image 2017-08-20 at   23.02.59

“Bahkan akan lebih ramai lagi Gunung Batu Besar dan Sungai Dua setelah di bangun pelabuhannya, sebab pelabuhan yang ada di sungai dua ini adalah pelabuhan internasional, dimana kapal yang bisa masuk kapasitasnya 30 ribu ton keatas, kalau di Samudera itu hanya sekitar 7000 ton. Hal ini sangat diuntungkan bagi masyarakat khususnya masyarakat Desa Gunung Besar,” jelasnya.

Bupati dua Periode tersebut sempat menyindir wacana di dipindahkan ibukota Negara ke wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Hal tersebut cukup berasalan ungkapnya, jika rencana pemindahan ibu kota negara itu terwujud maka turut mendorong pengembangan kawasan industri kedepannya.

“Kita berharap rencana itu saling beriringan, kawasan industrinya terwujud sementara pengembangan menuju ditempatkannya ibu kota disini juga jalan, dan dipastikan dampak positifnya turut juga kita rasakan bersama,” tandasnya. (win)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya