Pemerintahan

Pelni Operasikan Tiga Kapal Di Pelabuhan Batulicin

BATULICIN – Badan Usaha Milik Negara Bidang pelayaran PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan mengoperasikan tiga unit kapal untuk melayani pelayaran rute Batulicin-Surabaya, Surabaya-Sampit, Sampit-Batulicin dan Batulicin-Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor PT Pelni Cabang Batulicin, Tunggul Ompusunggu di Batulicin, Kamis, mengatakan tiga unit kapal tersebut, yakni KM Sirimau kapasitas 1.000 penumpang, Kapal Sabuk Nusantara 55 dan Sabuk Nusantara 57 dengan masing-masing kapasitas 285 penumpang.

“Pengoperasian tiga unit kapal tersebut kami rasa cukup ideal untuk melayani penumpang dari Pelabuhan Samudra Batulicin ke beberapa pulau tujuan,” ucapnya.

Ia mengatakan, sementara ini jumlah penumpang kapal dari Pelabuhan Samudra Batulicin-Surabaya dan sebaliknya rata-rata hanya mencapai 250 penumpang. Artinya jumlah tersebut masih belum memenuhi target dari jumlah minimal.

Menurutnya, setidaknya dalam sekali berlayar jumlah penumpang harus mencapai 50 persen dari jumlah kapasitas untuk menutupi biaya operasional, akan tetapi karna kondisi penumpang yang tidak memungkinkan sehingga secara terpaksa dengan jumlah peumpang yang ada tetap diberangkatkan ke pelabuhan tujuan.

Seandainya, jumlah kapal yang beroperasi kami kurangi dikhawatirkan penumpang kapal yang seharusnya berangkat pada jadwal normal, akan mengalami penundaan keberangkatan sehingga penumpang harus menunggu jadwal kebarangkatan lebih lama.

Kepala PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin Saleh menambahkan, pihaknya juga menyiapkan tiga unit kapal untuk melayani penumpang kapal yang membawa kendaraan bermotor, pasalnya kapal milik PT Pelni hanya untuk penumpang saja atau bukan jenis “roll on roll off” (ro-ro).

“Rute pelayaran yang kami layani sama dengan PT Pelni, akan tetapi jadwal keberangkatanya disesuaikan agar tidak bersamaan. Dan kami menghimbau penumpang bisa membawa mobil dan sejenisnya untuk masuk dalam kapal karena kapal yang diopersiikan jenis Roro,” paparnya. (Sujud/MC-Tanbu)

Berita Terkait

Pelepasan Pemberangkatan Kafilah FASI 2024 Oleh Pemkab Tanbu

admin

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya