Pariwisata

Pelatihan BLK – PT BIB Hadirkan Novelis Nasional Randu Alamsyah

BATULICIN – Pelatihan berbasis kompetensi oleh BLK Tanbu bersama PT BIB menghadirkan novelis nasional Randu Alamsyah, Sabtu (24/6/2023).

Randu sapaan akrab penulis novel Lambung Mangkurat hadir untuk berbagi pengalaman story telling kepada 23 orang peserta.

Pada sesi akhir pelatihan BLK Randu yang kini sedang merampungkan novel berjudul Saranjana menguraikan sejumlah trik untuk membuat cerita bermuatan lokal yang dapat memikat pengunjung.

Baca Juga : Pemda dan PT BIB Sambut Kunjungan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif

Keberadaan Randu dapat mencairkan suasana pelatihan. Keintiman antara peserta dan Randu terlihat akrab, sejumlah peserta bahkan tanpa sungkan mengajak swafoto dan meminta tandatangan. Randu juga membagikan sejumlah novel karyanya sebagai reward untuk peserta.

Kepala UPTN BLK Tanah Bumbu, Riza Ahyari mengatakan pelatihan berbasis kompetensi ini guna menambah tenaga kerja yang memiliki sikap kerja yang ideal.

Peserta pelatihan BLK – PT. BIB agar lebih atraktif menunjukkan keterampilan mereka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga industri kepariwisataan di Tanah Bumbu semakin berkembang.

“Harapannya setelah mengikuti pelatihan, kualitas pelayanan di bidang perhotelan sebagai penunjang kepariwisataan dapat meningkat,” ujarnya.

Apalagi menurutnya strategi ini dapat mendorong terwujudnya smart tourism dengan mengintegrasikan komponen-komponen kepariwisataan. Terutama para peserta pelatihan dapat menguasai “kemampuan story telling,” tandasnya.

Riza yang juga ketua Startup Borneo berharap peserta pelatihan dapat mengaktualisasikan pengetahuannya pada mitra kerja kerja masing-masing.

Sementara itu senior manager CSR PT BIB, Dindin Makinudin mengungkapkan. Pelaksanaan pelatihan BLK ini adalah momentum langka, karena jarang kita laksanakan.

Lebih lanjut ia berharap pasca pelatihan peserta dapat meningkatkan profesionalitas. Terlebih bidang usaha homestay berkaitan dengan bidang jasa yang mana kualitas pelayanan sangat menentukan.

“Mari kita berikan kesan mendalam bagi coustumer. Buat mereka kembali ke tempat kita dengan pelayanan prima yang diberikan,” ujarnya.

Baca Juga : PT BIB dan BLK Tanbu Jalin Kerjasama Buka Pelatihan Tenaga Pariwisata

Berikutnya peningkatan level untuk mendapatkan sertifikasi homestay. Instansi CSR merupakan sebagai perpanjangan tangan perusahaan tambang besar. Selanjutnya bersedia membantu terwujudnya hotel dengan fasilitas dan layanan berbintang terutama di kecamatan binaan yakni Angsana.

“Seperti kita tahu kita akan menjadi penyangga ibukota negara, momentum ini jangan sampai tidak dapat kita kendalikan. Kami siap membantu mewujudkan hotel yang bersertifikasi,” tandasnya.

Adapun pelatihan pengelolaan Homestay gelarannya selama 7 hari yakni dari 18 – 24 Juni 2023, melibatkan 23 peserta dari 7 perwakilan pengelola homestay di wilayah Satui, Angsana dan Kusan Hilir.

Selain Randu Alamsah, di hari terakhir pelatihan juga menghadirkan narasumber Zulian, Yuri Muryanto dan Sutrisno yang membawakan materi Borneo Smart Tourims.

Berita Terkait

Tanbu Kenalkan Situs Cagar Budaya Liang Bangkai pada Pelajar

admin

Sidang Penetapan Dua Usulan Cagar Budaya di Tanbu

admin

Peserta Pemilihan Duta Wisata 2023 Memasuki Masa Karantina

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link