Pelaku UMK dan Pengurus Koperasi di Tanbu Diberi Pelatihan

BATULICIN – Pelaku usaha mikro kecil (UMK) dan pengurus Koperasi Simpan Pinjam/Unit Simpan Pinjam (KSP/USP) Koperasi di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) mendapatkan pelatihan.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) melalui Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Kalsel bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kab Tanbu.

Kegiatan meliputi Pelatihan Manajemen Usaha bagi pelaku UMK dan Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Manajemen (SOM) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi pengurus KSP/USP Koperasi, serta akan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 02 – 05 November 2020 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati (Wabup) Tanbu H Ready Kambo, Senin (02/11/2020) di Gedung Pemuda, KAPET Kecamatan Simpang Empat.

Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil, Gusti Muhammad melaporkan kegiatan tersebut dilakukan guna menunjang keberlangsungan UMKM yang ada di Kab Tanbu, serta membantu mereka mengatasi permasalahan yang ada, terutama terkait pengelolaan usaha.

Kemudian juga untuk menjaga tingkat penampilan kerja koperasi dan konsistensi pelayanan kepada anggota bagi pengurus koperasi, hingga mampu tercipta koperasi yang mandiri.

Sementara itu, Kepala Diskop UMKM Kalsel H Gustafa Yandi mengatakan pelatihan itu adalah bentuk keseriusan Pemkab Tanbu dalam membina dan mengembangkan Koperasi dan Usaha Mikro yang ada di wilayahnya.

Pelatihan ini lanjutnya penting sebagai usaha Pemerintah dalam mereformasi total Koperasi menjadi lebih berkualitas dengan tata kelola yang profesional dan mampu berkembang seperti lembaga keuangan perbankan.

Sedangkan terkait pelaku UMKM, hal ini dalam upaya agar mereka bisa naik kelas hingga mampu menghasilkan produk dengan kualitas ekspor, serta mendapat akses permodalan yang mudah.

“Oleh sebab itulah, untuk menjawab itu perlu pelatihan. Itu kita wujudkan hari ini,” ujarnya.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sebagai bentuk syukur atas nikmat dan kesempatan yang telah diberikan.

IMG-20201102-WA0005

Wabup H Ready Kambo saat membacakan sambutan Bupati H Sudian Noor dalam pembukaan pelatihan memberikan apresiasi atas penyelenggaran kegiatan itu di Kab Tanbu.

“Kegiatan ini sangat penting dan strategis sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumberdaya manusia, khususnya pelaku UMK dan pengelola koperasi guna menjalankan dan mengelola usahanya sesuai dengan praktik bisnis dan sehat,” tuturnya.

Pemerintah daerah sebagai fasilitator dan regulator lanjutnya, terus berupaya mendorong UMK dan Koperasi agar mampu berperan aktif dalam membangun perekonomian.

“Jika UMK dan Koperasi dapat dijalankan dengan baik, maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kemajuan daerah,” sebutnya.

Wabup meminta para peserta agar memanfaatkan pelatihan itu dengan baik agar akhirnya dapat membantu pengenbangan usahanya guna meningkatkan kesejahteraan hidup dan masyarakat di Bumi Bersujud.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan Kepala Disnakertranskop UM Kab Tanbu H Avian Noor beserta jajaran. (Rel)

No Responses

Comments are closed.