Pemerintahan

Pelajari Linmas, Pemkab Balangan Kunjungi Tanbu

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Sudian Noor melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Mustaing menerima kunjungan kerja (Kunker) jajaran Pemerintah Kabupaten Balangan (Pemkab Balangan) di Ruang Rapat Bersujud 1 Kantor Bupati, Selasa (15/10). Kunker ke Tanbu dipimpin Kepala Dinas Satpol PP Balangan Rakhmadi Yusni.

Rombongan kunker Pemkab Balangan terdiri dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Alive Yoesfah Love, Camat dan Kasi Trantib Kecamatan, Persatuan Kepala Desa (Perkades), dan seluruh Kabid Satpol PP Balangan. Menurut Rakhmadi Yusni tujuan kunjungan kerja dalam rangka memperdalam teknis pembinaan linmas yang dilakukan oleh jajaran Pemkab Tanbu.

Ia mengatakan alasan kunjungan kerja ke Tanbu karena sama-sama daerah pemekaran. Namun perkembangan pembinaan linmas di Bumi Bersujud lebih maju. Selain itu, banyak informasi yang didapat terkait kegiatan penegakan peraturan daerah (Perda) dan penindakan yustisia di Tanbu.

WhatsApp Image 2019-10-15 at 1.44.53 PM

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar H Riduan pada saat menerima kunjungan jajaran Pemkab Balangan menyampaikan jumlah personil Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu saat ini sebanyak tiga ratus orang yang terdiri dari Satpol PP, dan personil Pemadam Kebakaran.

“Dinas Satpol PP dan Damkar berada pada Tipe B. Terdiri dari tiga Kepala Bidang (Kabid) yaitu Kabid Trantibum dan Linmas, Kabid Damkar, dan Kabid Penegakan Peraturan Perundang-undangan,” ucapnya.

Terkait Linmas, sebut H Riduan, baru-baru tadi dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan Kepala Desa serentak di Tanbu. Untuk itu, Satpol PP mengoptimalisasi keberadaan Linmas di desa dalam hal pengamanan dan perlindungan masyarakat. Selanjutnya pada pemilihan Gubernur dan Bupati pada tahun 2020 nanti, Satpol PP kembali akan mengoptimalkan keberadaan Linmas yang ada di Desa dan Kecamatan.

Kegiatan lainya yang dilaksanakan diantaranya baru-baru tadi Satpol PP menggelar pelatihan intelejen dan pengamanan pejabat daerah dilapangan dengan narasumber dari Kodim dan Denpom.

“Pelatihan dengan materi memetakan situasional dilapangan terkait keamanan kepala daerah dan pejabat serta materi situasi chaos (kekisruhan) dilapangan,” ujarnya.

WhatsApp Image 2019-10-15 at 1.44.53 PM(1)

Sedangkan penegakan perda atau razia penertiban yang dilaksanakan diantaranya razia miras, kos-kosan, dan penegakan perda lainya. Jika ada laporan masyarakat, sebut Riduan, Satpol PP langsung turun kelapangan.

“Semua kegiatan tersebut tentunya berbasis anggaran, namun di Tanbu mendapat respon yang baik dari Kepala Daerah karena ketertiban dan kemananan merupakan amanat undang-undang,” ujarnya seraya mengatakan pada penegakan perda, Satpol PP bekerjasama dengan Polres, Dandim, dan Pengadilan.

Kunker Pemkab Balangan ditindaklanjuti dengan turun langsung kelapangan untuk melihat secara langsung pembinaan linmas di desa. Kunjungan lapangan didampingi Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tanbu H Riduan, Kepala BPBD Tanbu Eryanto Rais, dan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanbu Ayatullah Chotim. (Rel)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya