Pemerintahan

Mudah Diakses, Internet Ibarat Pisau Bermata Dua

Jakarta, Kominfo -Internet memang bagaikan dua sisi mata uang dan pisau bermata dua, apalagi saat ini teknologi internet mudak diakses oleh semua orang. “Selalu ada sisi positif dan negatif. Kasus-kasus yang terjadi seperti, penghinaan, perselingkuhan, pencemaran nama baik, penipuan, pelecehan seksual, pornografi hingga penculikan dan bunuh diri. Kasus-kasus ini, membuka mata kita agar menimalisir dampak negatif internet terhadap kehidupan kita, terutama anak-anak dan remaja,” papar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat memberikan sambutan dalam Temu Pelanggan Selular di Jakarta, Jumat (03/06/2016).

Menkominfo Rudiantara yang didaulat memberikan sambutan pada acara tersebut mengatakan, beberapa tahun ke belakang isu yang banyak dikeluhkan oleh pelanggan adalah ketiadaan coverage atau sinyal seluler, namun kini isu itu telah berubah. “Saat ini pelanggan selular umumnya mengeluhkan mengenai akses internet yang ‘lemot’. Hal ini membuktikan bahwa internet bisa begitu mudah diakses oleh masyarakat. Hanya dengan menggunakan perangkat yang mereka miliki plus paket internet dari operator, mereka bisa berselancar bebas di dunia maya,” katanya.

Saat ini jumlah pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 88,1 juta pengguna dan 82 juta di antaranya tercatat menjadi pengguna aktif Facebook, sebagian besar adalah remaja usia 15–19 tahun. Dari 82 juta pengguna Facebook tersebut, sebagian besar mengakses Facebook menggunakan perangkat mobile. Rudiantara mengatakan jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat pemerintah telah mencanangkan pada 2019 seluruh kabupaten/kota akan terhubung dengan broadband. “Karena itulah, kemampuan pelanggan untuk memilih dan menggunakan internet secara cerdas dan sehat menjadi demikian penting,” katanya.

Kemudahan berinternet kini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat di kota-kota besar di Indonesia tetapi oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Namun internet dengan segala kemudahannya dalam pandangan Rudiantara ibarat pisau bermata dua. Ia bisa menjadi positif atau negatif, bergantung dari penggunanya. Untuk itulah Temu Pelanggan Selular kali ini mengajak para pelanggan untuk menggunakan internet secara cerdas,  “Baik dalam hal memilih konten, memilih operator, memilih paket internet, dan lain-lain,” katanya.(ddh)

Berita Terkait

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

Tanah Bumbu Terbitkan Surat Edaran untuk Kurangi Timbulan Sampah Plastik

admin

Festival Anak Daerah Meriahkan Hari Anak Nasional

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya