Pemerintahan

Menkominfo Cek Kesiapan Layanan Tiga Operator Seluler

Jakarta, Kominfo – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meninjau kesiapan layanan operator selular semasa Lebaran 2016. Menkominfo mendatangi tiga kantor operator selular, Tri Indonesia – PT Hutchison 3, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo di Jakarta, Senin (04/07/2016).

Kunjungan Menkominfo itu untuk memastikan layanan pelanggan berjalan baik dan lancar tanpa gangguan saat Lebaran 2016.  “Kesiapan jaringan ini difokuskan pada empat hal, pertama, kekuatan daya pancar dan daya terima handset (coverage). Kedua, tingkat kesuksesan akses jaringan voice dan SMS (success call), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net). Ketiga, tingkat kontinuitas voice dan SMS (drop call/not delivered), dalam satu operator (on net) maupun lintas operator (off net). Sedangkan terakhir, kualitas download dan speed layanan internet,” kata Menkominfo.

Menurut  Rudiantara, kegiatan pengecekan kesiapan layanan jaringan telekomunikasi sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 16 Tahun 2013 Tentang Standar Pelayanan Jasa Teleponi Dasar Pada Jaringan Bergerak Selular. Dalam peraturan itu, parameter jaringan yang diamati antara lain:

  • Coverage and Signal Strength yang meliputi cakupan jaringan dan kualitas sinyal selular
  • Layanan Teleponi Dasar yang meliputi tingkat kesuksesan panggilan (successfull call ratio and block call ratio) serta kontinuitas panggilan (drop call ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net)
  • Layanan Pesan Singkat (SMS) yang mencakup  tingkat kesuksesan pengiriman pesan (successfull SMS ratio) dalam satu operator seluler (on-net) maupun lintas operator seluler (off-net), dan
  • Layanan Mobile Internet yang meliputi tingkat kesuksesan akses internet (HTTP Successfull Attempt) serta kualitas layanan internet (Data Throughput dan Network Latency).

Hampir semua operator layanan mengakui adanya lonjakan traffic telekomunikasi di semua layanan.

Presiden Direktur PT Hutchison 3, Randeep Singh Sekhon menyatakan pihaknya melakukan peningkatan pemeliharaan dan pengawasan kualitas jaringan selama 24 jam 7 hari semasa Lebaran 2016. “Layanan data akan meningkat sekitar 20%, SMS 10% dan telepon 15%. Saat ini, Tri menampung data traffic kedua terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1.500 TB (Terabyte) per hari,” paparnya.

Dengan hanya menggunakan 10 Mhz di spektrum 2100 Mhz dan 5 Mhz di 1800, menurut Singh,   Tri Indonesia mampu menampung lonjakan trafik data hingga 40-50%. “Peningkatan kapasitas jaringan juga didukung oleh penambahan mobile BTS di sepanjang jalur mudik di pulau Jawa. Jaringan Tri diperkuat oleh hampir 40.000 BTS, 18.169 diantaranya adalah BTS 3G dan 4G,” jelas Singh.

Semasa Lebaran 2016, Tri Indonesia bekerjasama dengan Polres Brebes Jawa Tengah memberikan informasi kepada pemudik untuk membantu mengurai kemacetan. “Dengan memberikan info jalan alternatif atau keadaan jalan yang macet sehingga dapat membantu pengguna tri,” tambah Singh.

I Gede Darmayusapada dari XL Axiata menyebutkan pada H-3, traffic perpindahan pelanggan keluar dari Jakarta mencapai 14 persen dan diperkirakan pada hari H Lebaran mencapai 20 persen. “Pergeseran paling banyak, ada pada layanan data. Pemakaian data terbesar adalah untuk layanan streaming yakni 39,2 persen dari total akses, diikuti dengan web browsing 21,7 persen, akses ke media sosial 20,4 persen, akses file 3,3 persen, serta pesan instan 2,9 persen,”  kata I Gede Darmayusa.

Sementara Indosat Ooredoo juga telah  meningkatkan penggunaan layanan. “Untuk kapasitas traffic suara, sebesar 39 juta erlang per hari. Untuk SMS, kapasitas juga ditingkatkan oleh pihak Indosat hingga menjadi 4 miliar SMS per hari. Sedangkan untuk data, Indosat meningkatkannya menjadi 6.389 Terabyte per harinya.Semua itu dituukan untuk melayani  sekitar 69,8 juta pelanggan Indosat Ooredoo.

Dengan dukungan total hingga 52.326 BTS. Indosat Ooredoo, telah menyatakan kesiapan jaringan komunikasi suara dan data mereka dalam menyambut Lebaran tahun 2016. Indosat pun memastikan akan meningkatkan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan  dengan menggunakan Indosat Network Operation Center (INOC) sebagai command center.

Dalam setiap kunjungan, Menkominfo Rudiantara meminta para operator untuk menyediakan pulsa secara mudah bagi pengguna. Beberapa operator menurut dia sudah melakukan hal itu, termasuk Indosat. Pembelian bisa dilakukan melalui kartu kredit, dompet elektrik, dan kartu debit. “Tadi saya lihat, ada juga (pembelian pulsa) yang manual, jualan voucher di daerah yang macet itu, supaya masyarakat kalau sudah macet berjam-jam ya satu-satunya harapan adalah bisa berkomunikasi dengan sanak saudaranya,” tutur Rudiantara (ddh)

Berita Terkait

Pemkab Tanbu Terima Penghargaan dari BKKBN

admin

Ribuan Masyarakat hadiri Tabligh Akbar di Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e

admin

Wabup Tanbu Muh Rusli gelar Open House, Semangat sambut tamu

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link