Pemerintahan

Mengatasi Pengangguran Melalui O-PBK

BATULICIN – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop dan UM) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satu inovasinya adalah O-PBK, yakni Optimalisasi Pelatihan Berbasis Kompetensi.

Inovasi O-PBK merupakan Aksi Perubahan dari Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Syaikul Ansari, SH, M.Sos.

Aksi perubahan ini bagian dari rangkaian pelatihan kepemimpinan administrator angkatan 1 tahun 2021.

“O-PBK ini merupakan salah satu strategi pemerintah daerah guna mengatasi masalah pengangguran di Kabupaten Tanah Bumbu,” sebut Syaikul Ansari, belum lama tadi.

Pelatihan berbasis kompetensi tentunya sering dengan program Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu yang tercantum dalam visi-misi daerah yakni mengatasi pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Melalui O-PBK ini, warga masyarakat Tanah Bumbu diberikan pelatihan oleh pemerintah yang disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan dan lainnya.

Menurut Syaikul, output dari O-PBK ini yaitu mandiri, bisa menciptakan lapangan kerja, dan berdaya saing dalam kesempatan kerja.

“Mereka yang memiliki kompetensi tentunya berpeluang besar untuk mendapatkan kesempatan kerja. Selain itu, mereka yang memiliki kompetensi juga mampu menciptakan lapangan kerja sendiri. Dengan demikian maka upaya pemerintah mengatasi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan dapat terwujud,” kata Syaikul.

Ia menambahkan, salah satu realisasi O-PBK yang sudah dilaksanakan yaitu pelatihan tata boga dan pelatihan teknik listrik bangunan.

Kedepan, O-PBK akan dilaksanakan kegiatan pelatihan lainnya seperti pelatihan otomotif roda dua konvensional, pelatihan tata rias, dan pelatihan teknik pengelasan.

Syaikul berharap, melalui O-PBK ini, peserta pelatihan selain mampu bersaing dalam mendapatkan kesempatan kerja, juga diharapkan peserta pelatihan mampu berwirausaha tanpa harus mencari kerja di tempat orang lain, atau mampu mandiri.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, H.M. Zairullah Azhar, mendukung penuh aksi perubahan peserta pelatihan kepemimpinan administrator Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Syaikul Ansari, dengan judul aksi perubahan Optimalisasi Pelatihan Berbasis Kompetensi (O-PBK) pada Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertranskop dan Usaha Mikro.

Melalui O-PBK ini diharapkan dapat mengatasi pengangguran dan meningkatkan kompetensi SDM agar siap bersaing.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kominfo Tanah Bumbu, Ardiansyah, sangat mendukung inovasi Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakertranskop dan UM, Syaikul Ansari, SH, M.Sos untuk mengatasi pengangguran melalui O-PBK.

“Pelatihan berbasis kompetensi merupakan salah satu strategi menciptakan lapangan kerja dan mengatasi pengangguran,” ujarnya.

Melalui pelatihan ini tentunya dapat menciptakan SDM yang berkualitas serta profesional. (Rel)

Ket. Foto :
Bupati Tanbu HM. Zairullah Azhar memberikan dukungan pada aksi perubahan peserta pelatihan kepemimpinan administrator Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Syaikul Ansari, dengan judul aksi perubahan Optimalisasi Pelatihan Berbasis Kompetensi (O-PBK).

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya