Pemerintahan

Manfaatkan Lahan Tidur Dengan Gerakan Menanam jagung Serentak

BATULICIN – Dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat dan menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai sentra prekonomian pertanian, Dinas Pertanian kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Tani Indonesia ( Gempita ) menggelar gerakan tanam jagung bersama yang dipusatkan di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (17/5).

Tanam jagung dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dan diikuti oleh Dandim 1022 TNB, Kapores Tanah Bumbu, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, dan Camat Karang Bintang serta Tokoh masyarakat Desa Manunggal.

Menurut Koordinator Gempita kabupaten Tanah Bumbu, Markuwat dalam laporanya mengatakan gerakan menanam jagung ini adalah untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur yang banyak terdapat di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pihaknya telah bekerjasama dengan perusahaan dan Perusda sudah melakukan verifikasi lahan untuk penanaman jagung tersebut. Dan hingga saat ini pihaknya sudah memverifikasi lahan seluas 78 hektar dari 3000 hektar yang dicadangkan untuk gerakan penanaman jagung tersebut.

“ Untuk penanaman perdana ini kita sudah mempersiapkan lahan seluas 20 hektar yang berada diwilayah Desa Manunggal,” ujarnya.

Dalam laporanya markuwat juga mengemukakakan alasan kenapa jagung yang dipilih dalam gerakan ini. Karena menurutnya tanaman jagung merupakan komoditi yang cocok untuk lahan di Tanah Bumbu, dan selain itu jagung juga merupakan tanaman yang memiliki jangka waktu panen yang lebih singkat dibanding yang lainya.

Ditempat yang sama, Kabid tanaman pangan dan hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Zainal Arifin dalam sambutanya menyambut baik atas kegiatan tersebut.

Ia atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas peran serta Gempita dalam mengupayakan kemajuan pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dikatakanya kegiatan gerakan pertanian ini merupakan awal kebangkitan bagi para petani di Tanah Bumbu. Melalui kegiatan yang digagas gempita ini juga bisa membangkitkan semangat bertani bagi para pemuda di bumi bersujud.

guna mendukung kegiatan tersebut menurutnya Dinas Pertanian telah memberikan bantuan pinjaman 2 unit alat pertanian berupa traktor untuk membuka lahan.

“ Tahun 2016 Tanah Bumbu sudah swasembada padi, dan diharapkan melalui kegiatan ini tahun depan Tanah Bumbu bisa swasembada jagung,” ujarnya. (YNR/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

Bupati Sampaikan Pendapat Akhir Tentang Raperda Inisiatif DPRD

admin

Peresmian Konfercab II ISNU Tanah Bumbu 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya