Pemerintahan

Mahligai Bersujud II Bakal Terkoneksi Dengan Masjid Agung

BATULICIN – Tak berapa lama lagi, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan memiliki gedung serba guna baru, untuk kebutuhan berbagai kegiatan pemerintahan. Letaknya strategis dilingkungan perkantoran di Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, berdekatan dengan Masjid Agung Nurussalam.

Gedung serba guna yang diberi nama Mahligai Bersujud II ini, akan menjadi pusat kegiatan satuan kerja di Pemkab Tanah Bumbu, mengganti gedung serba guna Mahligai Bersujud I yang berlokasi di kawasan perkantoran Kapet, kecamatan Simpang Empat.

“Gedung Kapet akan diperuntukkan bagi kegiatan umum masyarakat. Seperti resepsi perkawinan dan lainnya,” kata Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor, Senin (04/01/2021) di perkantoran Gunung Tinggi, Batulicin.

Menurut Sudian Noor, gedung ini juga nantinya akan difungsikan sebagai pusat kegiatan keagamaan, dan terkoneksi dengan Masjid Agung Nurussalam yang terletak dilokasi itu.

“Ini juga untuk mendukung program Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah. Kegiatan akan dipusatkan di Mahligai II dan Masjid Agung,” tutur Sudian seraya menyebutkan program itu akan menjadi ikon Bumi Bersujud.

Bupati menambahkan, gedung serba guna itu akan diresmikan Februari mendatang, dan sudah bisa difungsikan dengan menambah fasilitas serta sarana pendukung lainnya.

Terpisah, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu, Fery Haryanto, mengatakan, gedung itu dibangun dengan sistem multiyears anggaran tahun 2019-2020 senilai Rp. 8 milyar.

“Ukuran bangunan seluas 2.546 meter persegi dengan kapasitas tampung 1.000 orang lebih. Namun saat ini bangunan belum memiliki akses jalan dan lokasi parkir,” tandasnya saat dihubungi.

Rencana tahun 2021 lanjut Fery, pihaknya akan membangun halaman paving dengan dana Rp. 500 juta, guna menunjang fungsi gedung.

Sementara akses jalan akan dibangun Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu.

“Sementara untuk gedung serba guna di Kapet, fungsinya tergantung pimpinan daerah. Tapi lahan itu milik Pemerintah Provinsi dengan status pinjam pakai,” pungkas Fery. (Alhakim)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya