Pemerintahan

Kesbangpol Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan di Satui

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengadakan sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan pada Selasa (25/10/2022) di SMK Negeri 2 Satui.

Sosialisasi itu dihadiri oleh Danramil 1022-04 Satui Lettu-INF Kuat Didik S bersama Serda Prayoga, Babinsa 1022-04 koramil Satui, Aipda Listiawan Ps. Kanit Binmas Polsek Satui, dan Kepala sekolah SMKN 2 Satui, Basri beserta siswa siswi SMKN 2 Satui.

Kepala Badan Kesbangpol menjelaskan, kegiatan itu dalam rangka antisipasi berbagai kerawanan bidang ideologi dan wawasan kebangsaan sebagai akibat pengaruh globalisasi yang ditandai antara lain semakin menurunnya rasa kebangsaan dan cinta tanah air khususnya dikalangan remaja dan generasi muda.

Pendidikan Wawasan Kebangsaan bermaksud untuk menumbuhkan rasa cinta air dan kesadaran bela negara terhadap pelajar SMA/Sederajat sebagaii generasi muda penerus bangsa.

Kegiatan ini memberikan pemahaman terhadap kondisi saat ini dan dapat dikendalikan segala permasalahan yang terjadi baik dikalangan sekolah ataupun sekitarnya dengan menerapkan 4 (empat) pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Hal ini terkait dengan Visi Kepala Daerah yaitu Bupati Tanah Bumbu Abah HM. Zairullah Azhar dan Wakil Bupati Muh. Rusli yaitu Membangun Tanah Bumbu Maju, Unggul, Mandiri, Religius dan Demokratis.

Pelaksanaan Wawasan Kebangsaan di SMK Negeri 2 Satui diikuti oleh 180 (Seratus Delapan Puluh) peserta sebagai wujud program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan.

Kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan karena terkait  Misi 1 (pertama)  kepala Daerah terkait yaitu Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Produktif dan Ber Akhlak Mulia dengan tujuan  pertama Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan sasaran yang ingin dicapai Meningkatnya Keamanan dan Ketertiban. Tujuan kedua Mewujudkan Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah dengan sasaran “Meningkatnya Struktur Sosial yang Madani”.

Sesuai dengan Motto Tanah Bumbu adalah BERSUJUD (Bersih  Syukur Jujur dan Damai) dan impelementasinya Tanah Bumbu Menuju Serambi madinah adalah Satu Desa Satu Masjid, maka pada Kesempatan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kesatuan Bangsa bahwa sebagai peserta didik (remaja) sangat diperlukan untuk mensukseskan program Bupati Tanah Bumbu, dan segala bentuk kegiatan keagamaan difokuskan di Mesjid. (PH)

Berita Terkait

Pelepasan Pemberangkatan Kafilah FASI 2024 Oleh Pemkab Tanbu

admin

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya