Pemerintahan

Kesbangpol Lakukan Penyuluhan Sosial Kemasyaraktan

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyelenggarakan kegiatan Penyuluhan Masalah Sosial, Agama, dan Kemasyarakatan sekaligus Penegakan Hukum terkait Penanganan Masalah Sosial Kemasyarakatan di Kabupaten Tanah Bumbu, bertempat di Gedung PKK Kapet Kecamatan Simpang Empat, Kamis (25/03/2021).

Dalam sambutanya Bupati Tanah Bumbu dr. HM Zairulah Azahar melalui Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Darmiadi menyampaikan apresiasi Pemkab Tanbu kepada seluruh relawan bidang sosial yang aktif mendukung upaya Pemkab.

”Karena ini merupakan upaya kita dalam rangka mengatasi masalah sosial yang akhir-akhir ini sering terjadi di kehidupan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, terutama dalam hal mengatasi kondisi yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga, seperti masalah ekonomi, agama, kesehatan, dan sosial budaya,” ujar Darmiadi.

Selanjutnya Darmiadi mengatakan, perlu disampaikan pula bahwa, gagalnya penerapan penanganan masalah tersebut, disebabkan karena lemahnya atau kurang tegasnya penerapan hukum yang berlaku,

“Penegakan hukum perlu dipertegas, sebagai kontrol sosial di masyarakat, hukum sebagai kontrol sosial kemasyarakatan merupakan aspek yuridis normatif dari kehidupan sosial masyarakat, atau dapat disebut sebagai pemberi definisi dari tingkah laku yang menyimpang, atau dengan kata lain menetapkan tingkah laku yang baik dan tidak baik yang menyimpang dari hukum, sekaligus menerapkan sanksi hukum terhadap orang yang berperilaku tidak baik, guna tercapainya ketentraman dan kemakmuran masyarakat,” lanjutnya.

Bupati juga menghimbau bagi para peserta Penyuluhan, agar dapat mengikuti penyuluhan ini dengan serius, agar nantinya dapat diaplikasikan dalam interaksi dan kehidupan sosial bermasyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu.

Peserta kegiatan Penyuluhan Sosial Masyarakat berasal dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan LSM.

Sedangkan Narasumber kegiatan yaitu Riza Diah Ayu, Penyuluh Solosial dari Kantor Kesbangpol dan Mahdiansyah dari Satpol PP dan Damkar yang menjelaskan berbagai kebijakan dan strategi Pemerintah dalam upaya perlindungan masyarakat di bidang sosial. (Adi)

Berita Terkait

Inovasi Bakesbangpol, Kunjungi Tokoh Panutan Masyarakat di Tanah Bumbu

admin

FGD: Upaya Pengembangan Produk Unggulan daerah 2024

admin

Bakesbangpol Tanah Bumbu kunjungan “Door to Door” Tokoh Panutan Masyarakat

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya