Pemerintahan

Kepala Dinas Jadi Petugas Upacara

BATULICIN – Hari Otonomi Daerah (HUT OTDA) ke 23 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 diperingati secara bersamaan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu).

Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tanbu, Kamis (02/05/2019) pagi, dihadiri seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Guru, Honorer di Lingkup Pemkab Tanbu, serta pelajar.

Pelaksanaan upacara kali ini berlangsung unik, sebab petugas upacara terdiri dari pejabat esselon II.

Seperti halnya petugas pengibar bendera yang dibawakan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Perwira Upacara oleh Asisten Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Ajudan Pembina Upacara Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan.

Sedangkan pembawa acara dibawakan Asisten Bidang Pemerintahan. Kemudian Komandan Upacara yakni Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah. Pembacaan UUD 1945 oleh Inspektur Daerah, dan Do’a yang dibacakan Kepala Dinas Sosial. Bahkan komandan barisan masing-masing peserta upacara pun dipimpin langsung oleh para Pimpinan SKPD.

7R0A4020

Sekda Tanbu H Rooswandi Salem selaku Pembina Upacara, saat membacakan amanat menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengatakan selama empat tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla lebih difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan pembangunan dari pinggiran.

Namun diberbagai kesempatan, Presiden juga menyampaikan bahwa pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembanguan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia.

Melalui momentum Hardiknas Tahun 2019, Mendikbud mengajak seluruh pihak untuk mengkonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitik beratkan pembanguan SDM yang dilandasi karakter yang kuat, memiliki keterampilan, dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Sementara itu, terkait peringatan Hari Otonomi Daerah, Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo dalam amanatnya yang disampaikan Sekda H Rooswandi Salem, mengajak semua ASN didaerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi di daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Pemerintah daerah harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat, dimana masyarakat semakin menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam mendapatkan pelayanan publik,” sebutnya.

Melalui momentum Hari OTDA, Mendagri berpesan kepada pemerintah daerah untuk mengawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan SDM melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.

Kemudian, mendorong munculnya kemandirian yang digerakan oleh kreatifitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumberdaya yang ada, baik SDM maupun SDA yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembanguan dalam bingkai NKRI.

Mengakhiri sambutannya, Mendagri mengajak pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dan daerah dengan DPRD dan masyarakat sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis. (Rel)

Berita Terkait

Pemkab Sambut Kedatangan Jamaah Haji Asal Tanah Bumbu

admin

Kontribusi Dalam Pemenuhan Hak Anak, Apresiasi Untuk PT Arutmin Site Batulicin

admin

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya