Pemerintahan

Kain Tenun Pagatan Diminati PKK Kota Batam

BATULICIN – Ruangan Dekranasda Kabupaten Tanah Bumbu terlihat ramai. Pasalnya, rombongan TP PKK Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau ingin melihat secara langsung berbagai kerajinan lokal yang ada di tempat itu.

Tak hanya mengunjungi, semua pengurus PKK yang dipimpin Wakil Ketua TP PKK Kota Batam Hj Elita langsung membeli kain Tenun Pagatan yang ada diantara kerajinan lokal khas Tanah Bumbu.

Bahkan, Istri Wakil Walikota Batam itu membeli sebanyak 5 lembar kain dengan berbagai motif dan corak yang diminatinya.

“Saya suka coraknya, kainnya lembut dan bisa digunakan untuk berbagai acara, sekaligus sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Hj Elita, Kamis (9/11/2017).
IMG-20171110-WA0002

Ada berbagai jenis motif kain Tenun yang disiapkan di ruang Dekranasda Tanbu itu. Salah diantaranya adalah motif kapal layar dengan corak warna yang berbeda.

“Saat ini tenun Pagatan tak hanya di gunakan untuk baju dan selendang, namun juga bisa digunakan sebagai gaun, kemeja, rok, dan blus dengan motif tenun ikat,” kata Pengurus PKK Tanah Bumbu Hj Dahlina.

Untuk diketahui, kain tenun Pagatan ini pernah dipakai oleh Presiden RI Joko Widodo pada saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Tahun 2017. Dan kain khas Pagatan ini pun semakin populer dan dikenal oleh masyarakat luas. (Win)

Berita Terkait

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

Pemkab Tanbu Hadiri Penilaian Tahap II Geospasial Award 2024

admin

Pencanangan PIN POLIO Putaran Pertama Di Desa Batuah

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya