Pemerintahan

Inovatif! Bapenda Tanbu Resmikan Aplikasi Sidatu untuk Optimalisasi Pendataan Pajak

BATULICIN – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tanah Bumbu telah mengambil langkah revolusioner dalam meningkatkan pelaporan pajak daerah dengan meluncurkan Aplikasi Pendataan Terpadu (Sidatu). Peluncuran dan sosialisasi aplikasi ini, yang berlangsung di Ruang Rapat kantor Bapenda, Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi, pembicara oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H. Eryanto Rais, SH., MM., serta sejumlah pejabat dan staf Bapenda.

Inisiatif terbaru ini merupakan langkah konkret menuju transformasi digital di sektor pajak daerah. E-Dashboard Pajak, fitur utama dalam Aplikasi Sidatu, harapanyamampu menghadirkan solusi canggih dalam mengatasi pelaporan pajak. Dalam sambutannya, Eryanto Rais menekankan pentingnya inovasi ini dalam mengikuti arus global menuju digitalisasi.

“Aplikasi Sidatu adalah tonggak baru dalam perjalanan transformasi digital pajak daerah,” ujar Eryanto dengan penuh semangat.

Rahmawati, SE, MM., yang juga pelopor aplikasi ini memberikan wawasan lebih lanjut tentang potensi dan manfaat aplikasi ini kedepan.

Dia menjelaskan bahwa Aplikasi Sidatu telah dirancang untuk mengakses dan menganalisis data pajak daerah secara real-time.

Ini akan secara signifikan mengurangi waktu pemrosesan data dan meningkatkan akurasi pelaporan pajak daerah.

“Aplikasi ini juga merupakan hasil kontribusi dari Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan I Tahun 2023. Dan merupakan upaya nyata dalam menghadirkan efisiensi dalam sistem pelaporan pajak,” jelas Wati melalui pesan WhatsApp pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Selain itu, Aplikasi Sidatu turut mendorong efisiensi kerja dengan kemampuan mengelola pajak daerah secara optimal, sehingga inovasi ini sejalan dengan upaya menciptakan lingkungan birokrasi yang lebih efisien dan modern.

Pendirian Aplikasi Pendataan Terpadu (Sidatu) oleh Bapenda Tanah Bumbu tidak hanya mencerminkan komitmen dalam menerapkan teknologi terkini, tetapi juga langkah berani dalam menciptakan sistem pajak yang lebih transparan dan efisien.

Oleh karena itu Inovasi ini akan menginspirasi daerah-daerah lain untuk mengikuti jejak menuju transformasi digital di sektor vital ini. (mc)

 

COPYRIGHT © MEDIA CENTER TANAH BUMBU 2023

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya