Pemerintahan

Inovasi Desa Atasi Stunting Dinilai

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TP2S) melakukan penilaian terhadap inovasi desa dalam percepatan penurunan stunting daerah, dari 28 Oktober hingga 10 November 2022.

Pada Jumat (28/10/2022), Tim penilai yang terdiri dari beberapa pihak terkait seperti TP PKK, BappedaLitbang, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Dinas Sosial, dan SKPD lainnya mulai melakukan penilaian di Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat dan Desa Segumbang Kecamatan Batulicin.

Perwakilan tim penilai, Elly Irawati dari Dinas Kesehatan menjelaskan, penilaian ini dilakukan untuk melihat seberapa jauh peran desa dalam melakukan percepatan penurunan stunting di wilayahnya. Sekaligus juga pembinaan rutin, dengan harapan semua program dapat berjalan dari tingkat kabupaten hingga kecamatan lalu turun ke desa.

Untuk Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat, mereka mengunggulkan ptogram gerakan atasi stunting bersama BANG AMIR. Yaitu dengan Berikan makanan bergizi yang cukup, Asi eksklusif sampai bayi usia 6 bulan, Nanti setelah 6 bulan lanjutkan makanan pendamping ASI yang memadai, Gunakan jamban yang sehat, Awasi dan hindari anak dari asap rokok, Mengukur tinggi dan timbang berat badannya, Imunisasi lengkap untuk bayi, dan Rajin datang ke posyandu.

Sedangkan Desa Segumbang Kecamatan Batulicin mereka memilik kegiatan Posbugar atau singkatan dari Posyandu Buah Segar. Program ini mengedepankan pentingnya konsumsi buah segar dalam pertumbuhan dan masa kembang anak, agar bisa seimbang dengan kebiasan masyarakat di daerah itu yang berlatar belakang nelayan yang banyak makan ikan, namun sedikit makan buah. (PH)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya