Pemerintahan

Ini Tugas Situasional Dinsos

BATULICIN – Dinas Sosial memiliki tugas yang lebih spesifik dari pada SKPD lainnya, termasuk penanganan pada tugas situasional.

Fokus penyelesaian kasus sosial maupun kondisional di masyarakat, menjadi garapan utama untuk dituntaskan segera.

Tugas situasional tersebut, bergantung terhadap permasalah sosial masyarakat khususnya di kawasan Bumi Bersujud, hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu, Basuni.

“Seperti yang kami tangani baru-baru ini, termasuk dalam Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) ada sebanyak 26 item permasalahan, termasuk terkait urusan adopsi anak,” katanya.

Diantaranya, masalah lansia terlantar dengan dua status yaitu orang lanjut usia (lansia) dengan latar belakang kasus sengaja ditelantarkan (tidak diterima dengan baik oleh keluarganya) dan yang terlantar (tidak memiliki sanak keluarga yang mengurus).

“Kami baru mengantarkan, seorang warga ke Panti Jompo di Kabupaten Banjar. Jika melihat kondisinya, ia mengalami sakit stroke dan tidak bisa beraktivitas normal. Sehingga, melalui binaan Dinsos Tanah Bunbu, ia sempat dibawa ke Rumah Singgah selama 2 bulan untuk mendapatkan perawatan, sempat juga dibawa ke Rumah Susun selama 1 tahun,” sampainya.

Sementara, masyarakat (lansia) dengan status terlantar lainnya juga ada, namun masih diurus untuk diantar lagi ke Panti Jompo di Kabupaten Banjar, yaitu salah satu lansia warga Kota Pagatan dan lansia di Kecamatan Satui, namun masih menunggu proses perlengkapan administrasi.

Berbicara soal data, Kepala Dinsos Basuni menyampaikan, terdapat kasus tindak pidana kekerasan terhadap anak berjumalah 5 orang yaitu yang tinggal di Kecamatan Batulicin berjumlah 1 anak, Kecamatan Simpang Empat berjumlah 3 anak, Kecamatan Karang Bintang berjumlah 1 anak, mereka dalam bimbingan pihak Dinsos Tanbu.

Selama 2 bulan Dinsos menangani 7 Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang kemudian dibawa untuk mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum. Hal tersebut juga bersinergi dari Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dan pihak Rumah Sakit tujuan.

Sedangkan, jumlah orang terlantar ada 6 orang yaitu warga Desa Bersujud, Kecamatan Karang Bintang, Kecamatan Simpang Empat, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Gunung Mas Provinsi Kalimantan Tengah, Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

“Itulah menurut kami, dari sederet rangkuman tugas dalam pekan ini untuk bisa diurus secepatnya, kemudian nanti akan ada kegiatan pada Bulan Juni, yaitu Kegiatan Bakti Sosial Program Keluarga Harapan (Baksos SDM PKH) se-Kalimantan Selatan. Rencana lokasi kegiatan berada di Pantai Angsana dan kebetulan Kabupaten Tanah Bumbu berkesempatan menjadi tuan rumah,” pungkasnya.

Sebagai informasi bahwa, SDM PKH adalah bagian dari pilar-pilar sosial yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dengan tujuan melaksanakan pembangunan kesejahteraan sosial.

SDM PKH merupakan perpanjangan tangan Kementerian Sosial di pusat dan Dinas Sosial di Daerah. (Ftr)

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya