Pemerintahan

Harjad ke 16, Pemkab Tanbu Prioritaskan Pelayanan Kesehatan Menyentuh Langsung ke Masyarakat

BATULICIN – Pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan masih menjadi program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kepemimpinan H Sudian Noor.

Satu dari tiga program tersebut yang menjadi perhatian serius pemerintah daerah yaitu pada sektor pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan ini, sebut Bupati H Sudian Noor, pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu meluncurkan Program Satu Desa Satu Mobil Ambulan.

Sejak tahun 2018 yang lalu, ujar Sudian Noor, sudah direalisasikan sebanyak 56 desa sudah memiliki ambulan sendiri.

“Tahun 2019 ini kembali menyusul sebanyak 37 desa yang akan memiliki mobil ambulan desa yang bersumber dari APBDesa,” kata Bupati saat menyampaikan sambutan pada Peringatan Hari Jadi ke 16 Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (08/04/2019) di Halaman Kantor Bupati.

7R0A1719

Dengan adanya mobil ambulan desa ini, pemerintah daerah menghendaki tidak ada lagi masyarakat di Bumi Bersujud yang tidak tersentuh pelayanan kesehatan.

Bupati menambahkan dengan adanya mobil ambulan desa ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat ketika ada warga desa yang sakit.

Disampingnya itu, juga diharapkan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, menekan angka kematian ibu dan anak, dan lainya.

Selain itu, program unggulan lainya dibidang kesehatan yaitu Program 1 Desa 1 Bidan. Yang mana proyeksi dari program ini tak lain adalah untuk mendekatkan pelayanan persalinan dan kesehatan kepada masyarakat khususnya yang ada di wilayah perdesaan yang jauh dari jangkauan pelayanan Puskesmas atau rumah sakit daerah.

Melalui Program 1 Desa 1 Bidan ini, setidaknya dari 144 desa yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, hanya 4 desa yang belum memiliki bidan desa.

“Pemerintah daerah berkomitmen, dalam waktu dekat akan sesegeranya menempatkan bidan di 4 desa tersebut,” ucap H Sudian Noor.

Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 16 Kabupaten Tanah Bumbu, Bupati H Sudian Noor didampingi Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Resnawan dan Wakil Bupati H Ready Kambo menyerahkan secara simbolis kunci mobil ambulan kepada para kepala desa. (Rel)

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya