Pemerintahan

Hadapi Karhutla, BPBD Tanbu Susun Dokumen Rencana Kontijensi

Batulicin – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Ekspose Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2017, Rabu (18/10).

Ekspose yang dilaksanakan di Mahligai Bersujud Kapet Batulicin tersebut dihadiri Perwakilan TNI dan Polri, Dinas – dinas terkait, Perwakilan Kecamatan, Manggala Akni, dan Pelaku usaha yang terkait bencana kebakaran hutan.

Kapala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanah Bumbu, Eka Safrudin, AP, M.AP saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, ekspose dilatarbelakangi adanya Undang – Undanga Nomor 24 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana. Dimana pada Undang-Undang tersebut pada pasal 35 disebutkan salah satu penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah pengurangan risiko bencana.
IMG_20171018_133544

Dalam upaya mengurangi reseko bencana inilah menurut Eka Safrudin, perlu adanya sebuah Dokumen Wajib Kebencanaan, yaitu dokumen daerah yang disusun melalui proses koordinasi dan partisipasi stakeholder yang memuat landasan, prioritas, rencana aksi serta mekanisme pelaksanaan Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Korban Bencana Alam.

Diakuinya, penyusunan dokumen perencanaan kontijensi ini merupakan hal penting untuk segera dilaksanakan, mengingat dokumen tersebut nantinya akan menjadi pedoman penanganan bencana karhutla pada saat tanggap darurat bencana yang cepat, tepat dan efektif serta sebagai dasar memobilisasi sumber daya para pemangku kepentingan pada saat tanggap darurat bencana.

“ Melalui ekspose ini kita bisa menginventarisasi kekuatan atau bumber daya kita yang nantinya bisa dikerahkan dalam membantu penanggulangan bencana yang mungkin akan terjadi,’ ujarnya.

Menurutnya, Dalam dokumen wajib kebencanaan daerah tersebut memuat kumpulan program kegiatan yang komprehensif dan sinergis dari seluruh pemangku kepentingan dan tanggung jawab semua pihak yang terkait. Dimana semua instansi dan dinas terkait akan memiliki perannya masing-masing sesuai tugas dan fungsinya dalam membantu penanggulangan bencana.

Mengingat pentingnya pembuatan Dokumen Wajib Kebencanaan Daerah ini BPBD Tanah Bumbu, menggandeng Konsulatan Perencana dalam penyusunannya. Adapun Konsultan Perancan yang ditunjuk adalah dari CV. Sentratecs dari Banjarbaru.YNR

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya