Pemerintahan

Gandeng SKPD, Perpustakaan Lakukan Penataan Arsip Secara Gotong Royong

BATULICIN – Guna mewujudkan peningkatan kapasitas SDM dan manajemen kearsipan yang lebih teratur, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menggandeng SKPD untuk melakukan pendampingan penataan arsip secara gootng royong.

“Kegiatan ini akan kami laksanakan secara gotong royong dengan mengerakan pengelola arsip sebanyak 40 orang, dan ditiap SKPD diminta untuk menugaskan 1 orang pengelola arsipnya yang akan tergabung dalam Tim Penataan Arsip Kabupaten,” kata Kepala Dispersip melalui Kabid Kearsipan Muhammad Arif Rahman Hakim, belum lama tadi.
SKPD yang akan menjadi sasaran keterlibatan dalam Tim Penataan Asip Kabupaten ini jelasnya melibatkan 21 SKPD dan secara bergiliran dilakukan penataan dengan target waktu penyelesaian selama 9 bulan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan arsip-arsip SKPD yang saat ini belum tertata atau terkelola secara baku akan terhimpun menuju implementasi sistem informasi kearsipan dinamis (SIKD) dan sistem informasi kearsipan nasional (SIKN),” jelasnya.
Dia beralasan, saat ini Kabupaten Tanah Bumbu sudah menjadi simpul SIKN dan JIKN sesuai surat Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip nasional Republik Indonesia Nomor B-IK.06/138/2019.
“Dengan adanya aplikasi SIKD tersebut diharapkan pula pengelolaan arsip dinamis di SKPD akan lebih efektif dan efesien. Begitu pula untuk untuk SIKN dan JIKNN, Pemkab dapat mengupload arsip-arsip daerah yang bersifat statis pada portal SIKN dan JIKN yang dapat diakses publik secara lokal, nasional maupun internasional,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk mendukung pengelolaan arsip statis dan arsip vital di tahun 2018 pihaknya sudah melaksanakan beberapa kegiatan yakni dalam hal peningkatan sarana dan prasarana kearsipan berupa pengadaan perlengkapan kearsipan untuk keperluan lembaga kearsipan daerah (LKD) yakni berupa lemari rotary filling, perangkat komputer, scanner dan bahan kearsipan lainnya.

Kemudian sambungnya, terkait manajemen kearsipan selama tahun itu telah tersusun rancangan peraturan Bupati (Raperbup) tentang kearsipan. Raperbup tersebut berisi tentang jadwal retensi arsip, Raperbup pedoman arsip vital dan Raperbup arsip inaktif.
“Dari beberapa Raperbup yang dibuat telah ada 2 Raperbup yang diterbitkan menjadi Perbup yaitu Perbup Nomor 4 2018 tentang Penyelenggaraan Kearsipan dan Perbup Nomor 11 tahun 2018 tentang Klasifikasi Arsip,” tutupnya. (wn)

Berita Terkait

Pelepasan Pemberangkatan Kafilah FASI 2024 Oleh Pemkab Tanbu

admin

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya