DKBP3A Tanbu Lakukan Pembinaan Pengembangan Puskesmas Ramah Anak

BATULICIN – Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) melaksanakan pembinaan pengembangan puskesmas ramah anak, belum lama tadi.

Adapun puskesmas yang dibina yaitu Puskesmas Teluk Kepayang.

Kepala DKBP3A, melalui Kabid P3A, Nunung mengatakan pembinaan pengembangan Puskesmas Ramah Anak tujuannya agar pelayanan kesehatan di Puskesmas memperhatikan hak anak.

Seperti, menyediakan pelayanan kesehatan anak yang terpadu dan terintegrasi sesuai standar yang berlaku, menyediakan media dan materi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), menyediakan tenaga kesehatan yang terlatih yang ramah anak, menyediakan ruang pelayanan dan konseling bagi anak, menyediakan ruang tunggu/bermain untuk anak yang berjarak aman dari ruang tunggu pasien, menyediakan ruang ASI, menyediakan tanda dilarang merokok atau kawasan tanpa rokok, menyediakan sanitasi lingkungan puskesmas yang sesuai standar, menyediakan sarana dan prasarana bagi anak penyendang disabilitas, menyediakan informasi hak-hak anak atas kesehatan, dan menyediakan data anak yang memperoleh pelayanan kesehatan anak.

Sementara itu, terkait Puskesmas Ramah Anak di Tanbu, Nunung mengatakan ada sebanyak 14 Puskesmas di Tanah Bumbu yang ditetapkan sebagai Puskesmas Ramah Anak.

“Saat ini semua Puskesmas (14 Puskesmas) di Tanbu adalah Puskesmas Ramah Anak, walaupun belum seluruhnya indikator terpenuhi,” sebutnya.

Tahun ini -2021-, sambungnya, semua Puskesmas melaksanakan penilaian dengan menginput capaian 15 indikator Puskesmas Ramah Anak, dan hasilnya nanti menjadi bahan untuk merencanakan pemenuhan indikator yang belum tercapai.

“Harapannya 15 Indikator dapat terwujud dan memberikan kontribusi terwujudnya Kabupaten Layak Anak,” tutupnya. (Rel)

No Responses

Comments are closed.