Pemerintahan

Dispersip Gelar Lomba Kearsipan

BATULICIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menggelar Lomba Kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), Senin (25/11/2019).

Ada sekitar 25 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mengikuti lomba tersebut, yang juga menyediakan hadiah berupa uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah untuk juara pertama, 2 juta rupiah untuk juara kedua dan 1 juta rupiah untuk juara ketiga.

Kepala Dispersip Tanbu Ambo Sakka melalui
Kepala Bidang Kearsipan, M Arif Rahman Hakim dalam laporannya menyebutkan lomba ini dalam rangka mewujudkan pengelolaan arsip secara baku pada unit kearsipan di masing masing SKPD Pemkab Tanbu.

“Mau tidak mau, pengelolaan arsip harus dilakukan secara baku. Dengan arti harus sama dengan kaidah dan peraturan yang berlaku,” sampainya.

Dalam mewujudkan hal tersebut lanjutnya, banyak tugas dan tantangan cukup berat yang harus dilalui. Karenanya, saat ini sedang marak dilakukan pembenahan kearsipan di tiap SKPD.

Dispersip pun terus melakukan pembinaan dan pendampingan SKPD dalam pengelolaan arsip, dari mulai sosialisasi hingga penataan arsip inaktif di SKPD yang sebelumnya tidak tersentuh pengelolaan arsip.

“Dengan semangat dan komitmen dari seluruh SKPD maka pengelolaan arsip secara baku bisa diwujudkan,” tutupnya.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum H Mustaing menyambut baik pelaksanaan lomba kearsipan bagi SKPD itu. Lomba itu sebagai upaya meningkatkan kompetensi dan kualitas arsiparis.

Menurutnya, kemampuan arsiparis dalam melakukan pengelolaan arsip statis berkaitan erat dengan tersedianya informasi yang akurat dan autentik.

Karena hal itu, Bupati berharap kedepannya arsip dapat berperan dan berfungsi dengan baik serta dikelola oleh tenaga profesional yang ahli dibidangnya. (Rel)

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya