Disnakertranskop UM Berikan Pelatihan RAT Bagi Pengurus Koperasi

BATULICIN – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan Pelatihan Pembuatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi pengurus koperasi, di Gedung PKK, KAPET Kecamatan Simapang Empat, Rabu (13/11/2019).

Sebanyak 90 orang pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti pelatihan RAT tersebut. Dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Selatan, Fitriyadi dan Indra Marganata.

Menurut ketua panitia pelaksana Indra Warna yang juga Kepala Bidang Koperasi Dan Usaha Mikro, Disnakertranskop UM, pelatihan ini agar sumber daya manusia (SDM) yang ada di Koperasi mampu untuk melaksanakan dan membuat laporan tahunan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan Suhartoyo menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan pelatihan tersebut.

IMG-20191113-WA0011

“Karena kegiatan ini sangat penting dan strategis, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM dalam pengelolaan koperasi yang akuntabel,” sebutnya.

Akuntabel koperasi berkaitan erat hubungannya dengan citra koperasi dan kepercayaan masyarakat untuk memilih koperasi sebagai lembaga yang mampu meningkatkan tarap hidupnya. Karenanya pengelolaan koperasi yang akuntabel turut didukung melalui tertibnya pelaksanaan RAT.

Bupati berharap kepada para peserta pelatihan agar kiranya dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga nantinya, para anggota koperasi tidak saja mampu membuat laporan hasil Rapat Anggota Tahunan, tetapi juga sebagai bahan evaluasi, baik untuk intern koperasi mampu bagi Pemerintah sebagai dasar untuk menentukan kebijakan pembinaan lebih lanjut,” ujarnya.

Bupati juga berpesan agar para perserta mampu membenahi koperasi, baik dari segi kelembagaan, keuangan, maupun tingkat produktivitasnya. Yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan pengurus Koperasi itu sendiri. (Ags)

No Responses

Comments are closed.