Pemerintahan

Diskominfo Bina Aparatur Desa Mekar Sari mengenai KIM dan Web Desa

BATULICIN – Dalam upaya meningkatkan wawasan serta pengetahuan dibidang komunikasi dan informasi bagi aparatur desa, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) melakukan pembinaan kepada Aparatur dan Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Mekar Sari Kecamatan Simpang Empat, Senin, (5/11).

Kepala Diskominfo Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kepala Seksi Pengelolaan Aspirasi dan Produksi Informasi, Muchyar SE mengatakan, pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan dan keterampilan masyarakat, khususnya dalam hal menyampaikan dan menerima informasi yang berkembang dimasyarakat, sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

18f2e2a8-0432-40b4-9a90-fe530882ec52

“Diera sekarang ini, dimana perkembangan teknologi begitu pesat, termasuk teknologi informasi yang sangat berkembang, sehingga informasi juga begitu cepat diterima oleh masyarakat. Untuk itu perlu adanya filter dimasyarakat untuk menyaringnya,” ujar Muchyar, SE saat ditemui disela-sela kegiatannya.

Adapun materi yang diberikan dalam pembinaan tersebut, Muchyar, SE menjelaskan ada dua hal utama yang menjadi fokus pemebinaan yang dilakukan, yakni pembinaan KIM dan Pengelolaan Web Desa yang mana keduanya sangat berkaitan erat dalam penyerapan dan penyebaran informasi.

Selain itu, keberadaan KIM dan Web Desa merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung penilaian lomba P2WKSS dan KSI yang mana Desa Mekar Sari menjadi salah satu nominasi Desa yang terpilih mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dalam lomba tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pembinaan tersebut juga merupakan upaya mewujudkan Desa Mekar Sari sebagai pemenang lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2018,” imbuhnya, seraya menambahkan.

“Ini merupakan pembinaan tahap akhir dan memasuki tahap evaluasi yang kami lakukan, dimana sebelumnya kami sudah lakukan beberapakali pembinaan yang sama,” jelasnya.

Diketahui, dalam upaya suksesnya lomba tersebut, Pemkab Tanbu melibatkan sejumlah dinas dan instansi pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan terhadap Desa Mekar Sari, diantaranya TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Sosial, Dinas KBP3A, Dinas Dukcapil, Dinas Dagri, Dinas Dikbud dan beberapa dinas yang terkait lainya. (ynr)

Berita Terkait

DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan

admin

Tanah Bumbu Terbitkan Surat Edaran untuk Kurangi Timbulan Sampah Plastik

admin

Festival Anak Daerah Meriahkan Hari Anak Nasional

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya