Pemerintahan

Desa Al Kautsar Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

BATULICIN – Desa Al Kautsar Kecamatan Satui diresmikan menjadi salah satu Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu).

Peresmian dilakukan oleh Bupati Tanbu H Sudian Noor diwakili Wakil Bupati H Ready Kambo, Selasa (24/09/2019). Yang ditandai dengan pemotongan tumpeng, penandatanganan prasasti dan perjanjian kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin dengan Pemerintah Desa Al Kautsar.

Asisten Deputi Direktur Bidang Umum SDM Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Agus Heriyanto saat memberikan sambutan mengungkapkan, Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud nyata dari kesadaran perlindungan atas resiko kerja.

“Baik itu kecelakaan kerja dengan Program Jaminan Kecelakaan Kerja, kematian dengan Program Jaminan Kematian, hari tua dengan Program Jaminan Hari Tua dan pensiun dengan Program Jaminan Pensiun bagi aparat dan perangkat desa, pekerja sektor formal maupun informal, terutama di Desa Al Kautsar,” jelas Agus.

Kemudian lanjut Agus, BPJS Ketenagakerjaan juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah dalam bentuk regulasi untuk mendorong dan meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat, terkait pentingnya perlindungan terhadap resiko dari pekerjaan.

7R0A1568

Sementara itu, Bupati H Sudian Noor dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati H Ready Kambo mengucapkan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin atas dipilihnya Desa Al Kautsar menjadi salah satu Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya ini adalah sebagai wujud komitmen bersama dalam melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Saya menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat, baik petani, pedagang, tukang, pekerja lepas dan perangkat desa, kiranya mendaftarkan diri dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Bupati.

Karena dengan demikian lanjutnya, tidak hanya telah melindungi diri sendiri dan keluarga dari resiko atau dampak buruk yang terjadi dalam menjalankan tugas pekerjaan.

7R0A1533

“Namun juga menambah rasa aman saat bekerja, yang pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas dan daya saing pekerja dalam rangka mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan pembangunan musholla, peralatan UKM, dan gerobak usaha sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan BPJS Ketenagakerjaan, serta polis jaminan kematian dan kecelakaan kerja.

Selain Desa Al Kautsar, dalam kegiatan yang sama, Desa Angsana Kecamatan Angsana juga diresmikan menjadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan.

Turut berhadir dalam acara tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batulicin dan jajaran, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro, Camat Satui beserta Unsur Muspika, Camat Angsana dan Kepala Desa Al Kautsar dan masyarakatnya. (Rel)

Berita Terkait

Bupati Tanah Bumbu Raih Penghargaan dari Gubernur Kalsel

admin

FAD Tanbu: Ciptakan lingkungan Sekolah Aman Bebas Perundungan

admin

Disbudporpar Gelar Seleksi Pemilihan Duta Wisata Bersujud 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya