Dandim Ikuti Rapurna TMMD

BATULICIN – Dandim 1022/TNB Letkol Cpn Rahmat Trianto M. Si M. Tr (Han) menghadiri Rapat Paripurna TMMD Ke -42 Tahun 2021, dengan tema ” TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, hari Kamis 25/11/2021 secara zoom meeting bertempat di Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Menurut Pati Bidang Perencanaan PJU TMMD, Mayjen Nurcahyanto, mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terkait, semua sangat berperan aktif, sangat mendukung sehingga kegiatan TMMD yang dilaksanakan pada tahun 2021 ini.

Dinilai secara umum berjalan dengan baik lancar dan sesuai dengan yang kita inginkan, beliau berharap hasil yang sudah diberikan oleh Satgas TMMD tahun ini dipelihara, sehingga apapun bentuk kegiatan TMMD tahun ini dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat yang cukup lama, sehingga pemanfaatan sasaran yang berhasil itu tidak maksimal. Beliau menegaskan mohon dipelihara dengan baik.

Untuk tahun 2022 dapat dilaksanakan dengan baik dibanding dari tahun-tahun sebelumnya, dan beliau mengapresiasi yang tertinggi-tingginya pada pihak yang terkait dan mari kita lanjutkan kegiatan TMMD kedepan semakin baik dan semakin baik, ujar saat mengakhiri sambutannya.

Menurut Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Tb. Chairul Dwi Sapta, SH, M. AP, upaya yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri adalah dukungan APBD dalam pelaksanaan TMMD yang disinergikan dengan program kegiatan OPD terkait secara swakelola dengan melibatkan TNI dan masyarakat secara bersama-sama melalui penerbitan Pernendagri tentang PEDUM penyusunan APBD tiap tahun (Permendagri No. 27 tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022).

Dukungan APBDes dalam pelaksanaan TMMD sesuai dengan kewenangan Desa yang ditetapkan dalam Permendagri No. 20 tahun 2018 tentang pengelolaan Keuangan Desa (sesuai dengan bidang dan sub bidang)
Pembinaan terhadap Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kab/Kota untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan TMMD (SE Mendagri No. 410 / 3941 / BPD tanggal 03 September 2021) dan Fasilitasi terhadap Pemerintah Daerah dalam perencanaan pembangunan khususnya program TMMD yang berkelanjutan.

Sasaran Khusus TNI Manunggal Membangun Desa adalah tujuan penyelenggaraan TMMD dan isu-isu terkait percepatan kualitas Penyelenggara Pemerintahan Desa, Evaluasi Kegiatan TMMD agar terintegrasi dengan perencanaan pembangunan daerah dan desa, Dokumen perencanaan/kodefikasi anggaran, Upaya yang dilakukan Kemendagri serta sasaran dan tidak lanjut, ujarnya seraya menutup sambutannya.
Hadir pada kegiatan tersebut Pejabat dari Bappeda, PMD serta Perwakilan dari DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.

No Responses

Comments are closed.