Pemerintahan

Cegah Stunting, 30 Ibu Hamil dan Menyusui Ikuti Penyuluhan Pendidikan Gizi

BATULICIN – Sebanyak 30 Ibu Hamil, Ibu Menyusui, dan Ibu dengan Balita di Desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir mengikuti penyuluhan pendidikan gizi, Senin (02/12/2019) bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Desa Batuah.

Penyuluhan ini dilaksanakan oleh Program Study Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Fungsional Perencana Muda Bappeda, Hasanudin, mengatakan kegiatan penyuluhan ini sebagai salah satu intervensi promosi kesehatan melalui pendidikan gizi pada kelompok potensial untuk pencegahan stunting.

IMG-20191202-WA0024

Dengan adanya kegiatan ini, sebutnya diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan pemberian asupan gizi bagi kelompok ibu hamil, ibu menyusui dan ibu dengan anak balita.

Selain itu diharapkan juga bagi kelompok ibu hamil dan menyusui mampu mengolah bahan pangan lokal yang cukup gizi dan cukup ragam, sesuai dengan “ISI PIRINGKU”.

Untuk diketahui, Isi Piringku merupakan program pemerintah pengganti konsep empat sehat lima sempurna. Isi Piringku ini merupakan pedoman agar masyarakat paham pentingnya makan sehat dengan gizi seimbang.

Sementara itu, terkait kegiatan penyuluhan pendidikan gizi di isi dengan praktikum menyusun menu bergizi dan lomba menyiapkan menu bergizi.

IMG-20191202-WA0026

Kegiatan penyuluhan melibatkan Tim Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting (KP2S) Kabupaten Tanbu dengan Ketua-nya Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem, Dinas Kesehatan, Pemerintah Kecamatan Kusan Hilir, Kepala Desa, Puskesmas Pagatan, PKK Kecamatan, Petugas Kesehatan Desa, PKK Desa, dan Kader Desa.

Adapun materi penyuluhan disampaikan oleh Tim PSKM FK ULM bekerjasama dengan Puskesmas Perawatan Pagatan Bidang Promkes dan Bidang Gizi.

Selain Desa Batuah, kegiatan yang sama juga digelar di Desa Pagaruyung, Desa Rantau Panjang Hilir, dan Desa Muara Pagatan Tengah di Kecamatan Kusan Hilir. (Rel)

Berita Terkait

Inovasi Bakesbangpol, Kunjungi Tokoh Panutan Masyarakat di Tanah Bumbu

admin

FGD: Upaya Pengembangan Produk Unggulan daerah 2024

admin

Bakesbangpol Tanah Bumbu kunjungan “Door to Door” Tokoh Panutan Masyarakat

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya