Pemerintahan

Cari Lahan Seluas 1000 Ha, Mardani Ingin Jadikan Tanbu Pusat Pembibitan Padi Unggul

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mencari lahan seluas 1000 Ha untuk dijadikan lahan pertanian.

Dengan lahan seluas itu, sebut Mardani, dirinya ingin menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai pusat pelatihan pembibitan padi unggul.

“Pusat pelatihan pembibitan padi unggul ini akan bekerjasama dengan pihak swasta,” Kata Mardani dihadapan masyarakat Desa Satiung Kecamatan Kusan Hilir pada acara Peresmian Jembatan Gantung Desa Satiung, Kamis (2/2/2017) kemarin.

Dikatakan Mardani, tidak hanya menyiapkan lahan saja, ia juga akan mendatangkan narasumber pelatihan dan tenaga ahli pertanian ke Tanah Bumbu untuk melatih para petani cara bercocok tanam yang baik dan benar.

Sehingga dengan adanya pusat pelatihan ini, sebut Mardani, para petani padi di Kabupaten Tanah Bumbu tidak hanya belajar secara teori saja, tetapi langsung melihat dilapangan bagaimana cara pembibitan, penanaman, pemupukan, penggunaan tekhnolosi, hingga panen yang benar.

“Semuanya tengah kita siapkan, mulai dari tenaga ahli pertanian, menyiapkan bibit unggul, cara membuat pupuk, menyediakan tehnologi modern mesin tanam dan mesin panen, hingga pabrik beras dan pengemasannya,” kata Mardani.

Disisi lain, Mardani juga tengah merencanakan kegiatan lanjutan pasca panen bagi para petani padi di Tanah Bumbu. Setelah musim panen padi selesai, selanjutnya lahan pertanian digunakan untuk menanam jagung.

“ Sehingga Lahan tersebut tidak menjadi lahan tidur pasca panen. Keduanya sudah saya disiapkan. Untuk pertanian padi sudah ujicoba di Desa Api-api begitu pula dengan ujicoba penanaman jagung,” beber Mardani. (Rel/MC.Tanbu)

Download Foto

 

 

Berita Terkait

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 di Batulicin

admin

Dinkes Tanah Bumbu Temu Koordinasi PIN Polio

admin

Sekda Ambo Sakka Tutup Porkepsek ke VI

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya