Bupati Tanbu Hadiri Musrembang RPJMD Kalsel Tahun 2021-2026

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), H.M. Zairullah Azhar menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RPJMD Kalsel Tahun 2021-2026, di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Rabu (01/12/2021).

Musrembang dibuka Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, dan dihadiri Wakil Gubernur Kalsel H Muhidin, Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Amwar, Kepala SKPD Lingkup Prov Kalsel dan Bupati/Walikota se-Kalsel.

Gubernur mengatakan RPJMD memuat target-target program yang realistis dan terukur, sehingga memudahkan pengendalian perencanaan, penguatan integrasi penganggaran dan pendanaan.

Dirumuskan secara transparan dan partisipatif, membuka diri terhadap input, masukan dari seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan di Kalsel.

Strategi pembangunan daerah, lanjut Sahbirin, dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pembangunan inklusif, untuk memastikan bahwa proses pembangunan berkontribusi signifikan pada peningkatan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

“Perlu adanya rangkaian strategis yang searah dan sejalan di tingkat kabupaten/kota. Kemudian, diikuti dengan upaya menyusun perencanaan yang sinergis dan kolaboratif, sehingga berdampak pada berkurangnya disparitas antar wilayah dan mempercepat akselerasi pembangunan daerah,” ucap Sahbirin.

Pada kesempatan itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor juga mengatakan, ada tiga komponen kekuatan untuk membangun sebuah daerah. Yang pertama Pemerintahan, kedua Pengusaha dan Alim Ulama.

“Yang pertama pemerintahan, pemerintahan yang bagaimana, yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kedua pengusaha yang mau berbagai kepada masyarakat, dan ketiga doa dan petuah dari Alim Ulama,” katanya

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira, menambahkan pembangunan Kalsel dalam lima tahun kedepan mengusung visi Kalsel Maju, yaitu Kalimantan Selatan Makmur Sejahtera dan Berkelanjutan.

Visi tersebut diwujudkan melalui lima misi pembangunan, yaitu membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur, mendorong pertumbuhan ekonomi yang merata, memperkuat sarana prasarana dasar dan perekonomian, memfokuskan tata kelola pemerintahan pada pelayanan publik, dan menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memperkuat ketahanan bencana.

“Lima hal itu lah yang akan kita lakukan nanti kedepannya dalam memajukan Kalimantan Selatan,” kata Fajar. (Rel)

No Responses

Comments are closed.