Pemerintahan

BPD Desa Rejowinangun dan Karang Rejo Dilantik

BATULICIN – Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Muhammad Thaha, melantik dan mengambil sumpah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 2 Desa di Kecamatan Karang Bintang.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung serbaguna Desa Rejowenangun Kecamatan Karang Bintang, Rabu (16/01).

Pelantikan yang ditandai dengan pengucapan sumpah dan penandatanganan berita acara tersebut diikuti oleh 10 Pengurus dan anggota BPD 2 Desa, yakni Desa Rejowenangun dan Desa Karang Rejo.

Turut hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Plt. Camat Karang Bintang beserta Unsur Muspika, Kepala Desa se Kecamatan Karang Bintang dan Tokoh Masyarakat setempat.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutanya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, H. Muhammad Thaha mengatakan, BPD sebagai lembaga demokrasi desa yang merupakan perwakilan masyarakat, menempati posisi yang sangat penting dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di perdesaan.

Menurutnya, keberadaan BPD dalam pemerintahan desa memiliki wewenang untuk membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa. BPD juga berkewajiban menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Kepada seluruh anggota BPD yang baru dilantik harus mampu bekerjasama dengan pemerintahan desa dan berperan aktif dalam proses pembangunan di desa masing-masing,” pesannya.

Lebih lanjut dikatakannya, Anggota BPD harus bisa menyikapi kodisi keuangan desa dan mengawal pengelolaan keuangan dengan skala prioritas yaitu sesuai kebutuhan masyarakat. Untuk itu BPD dituntut terus meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam membangun desa, sehingga kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan.

Diakhir sambutanya, Bupati berharap agar seluruh pemangku kepentingan dalam Pemerintahan Desa dalam menjalankan pemerintahanya harus sesuai dengan tugas dan fungsinya yang sudah diatur dalam Undang-Undang dan peraturan yang berlaku. Sehingga roda pemerintahan yang dijalankan dapat dipertanggungjawabkan baik didunia maupun di akherat.

“Mari kita bangun desa dengan baik, jalankan tugas dan fungsi kita dengan penuh rasa tanggungjawab,” pungkasnya.

Mengakhiri seluruh rangkaian acara pelantikan tersebut digelar pemberian ucapan selamat kepada seluruh Anggota BPD oleh hadirin dan undangan. Dan juga digelar sesi foto bersama dengan pejabat dan masyarakat. (ynr)

Berita Terkait

Pemuktakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan APIP Se Kalsel

admin

Bimtek Pengawasan Keamanan PSAT Sanitasi Hygiene 2024

admin

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya