Pemerintahan

BPBD Launching Aplikasi KIPAPANA

BATULICIN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar launching aplikasi Pencegahan Penananganan dan Pemulihan Bencana (KIPAPANA).

Launching ditandai dengan penerbangan balon serta penandatangan dukungan oleh bupati dan pejabat SKPD serta stakholter terkait dihalaman Kantor Bupati, Senin (29/10).

Aplikasi tersebut merupakan salah satu inovasi yang dibuat oleh BPBD, yang mana dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai macam informasi tentang bencana serta penanggulangannya.

Proyek Perubahan dan inovasi ini merupakan salah satu bahan yang dipersentasikan oleh Kepala BPBD Tanbu, Eryanto Rais, SH MM saat mengikuti Diklat PIM II.

IMG-20181029-WA0018

Hal tersebut merupakan salah satu upaya menggerakkan semua stakeholder terkait, dalam melaksanakan penanganan bencana yang meliputi pencegahan, penangangan dan pemulihan bencana serta memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi terkait dengan kebencanaan yang disajikan dalam bentuk aplikasi berbasis android.

Aplikasi ini terdiri dari dua macam yakni KIPAPANA Massenger sebagai media informasi dalam bentuk group massenger berbasis android dan Aplikasi KIPAPANA yang bisa diakses masyarakat dengan tujuan melakukan penyebaran informasi terkait dengan kebencanaan.

Eryanto Rais, SH MM mengatakan, manfaat dari aplikasi ini sangat membantu pemerintah daerah dalam hal terwujudnya sarana dan prasana informasi pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana didaerah.

“Stakeholder akan semakin efektif dalam proses pengelolaan KIPAPANA sehingga tepat sasaran dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi tentang pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana di daerah,” ujarnya.

Adapun informasi yang dapat diketahui pada Aplikasi KIPAPANA yakni pencegahan dan kesiapsiagaan, kedaruratan dan logistik, rehabilitasi rekonstruksi dan sistem informasi pelaporan kejadian bencana (SILKAB).

Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor sangat mengapresiasi launching Aplikasi KIPAPANA, karena melalui aplikasi ini stake holder dan seluruh masyarakat dapat mengakses berbagai informasi terkait bencana.

“Masyarakat akan semakin mudah dalam memberikan atau memperoleh informasi terkini terkait pencegahan, penanganan dan pemulihan bencana melaui aplikasi ini,” sebut Sudian Noor. (iwn)

Berita Terkait

Dispersip Tanbu Gelar Nonton Bareng Film Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari

admin

Rapat Koordinasi Desa Lokus Stunting Tahun 2024 di Tanah Bumbu

Edwan Muhammad

Tanbu Gelar Rakoor Lokus Stunting Tahun 2024

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link