Pemerintahan

Antisipasi Penyebaraan Rabies Pemkab Tanbu Eliminasi Anjing Liar

BATULICIN – Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu mengeliminasi puluhan anjing liar yang ada disekitar Perkantoran Pemerintah Kabupaten di Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, pada Jum’at (18/01). Pemusnahan anjing liar tersebut dalam rangka mengantisipasi menyebarnya virus rabies yang disebabkan anjing gila.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Berkat, menjelaskan pengeliminasian sejumlah anjing liar tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat dan permintaan dari Instansi Pemerintah dan Swasta setempat.

“Setelah adanya laporan dari masyarakat, kami melakukan eliminasi puluhan anjing liar yang ada disekitar Perkantoran Bupati di Gunung Tinggi dengan cara diracun,” ujarnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

Menurutnya, eliminasi ini dilakukan untuk mengantisipasi menyebarnya virus rabies. Karena selama ini virus rabies merupakan penyakit zoonoesis atau penyakit dari ternak/hewan. Dengan adanya eliminasi tersebut diharapkan dapat mengurangi populasi anjing liar di kawasan perkantoran pemerintah sekaligus menekan resiko penyebaran penyakit anjing gila terhadap masyarakat.

“Selama ini kasus penyebaran penyakit rabies hampir semuanya ditularkan oleh anjing liar, untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat agar memelihara anjingnya dengan baik, jangan sampai anjing peliharaan itu menjadi liar dan gila,” pungkasnya. (ynr)

Berita Terkait

Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan Tanbu 2024

admin

Polres Tanah Bumbu Gelar Apel Patuh Intan 2024

admin

Ratusan Warga Baru PSHT Cabang Tanbu Ikuti Pengesahan

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya