Pemerintahan

Angka Pernikahan Dini Di Tanah bumbu Menurun

MEDIA CENTER, TANAH BUMBU – 31/ 03/ 2016 Berdasarkan survei yang dilakukan oleh BKKBN Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ini masih banyak terjadi pernikahan pada anak dan remaja. Sebanyak 40 persen anak perempuan di bawah usia 18 tahun sudah menikah. Sementara persentase laki-laki yang menikah di bawah umur hanya 3,7 persen.

Namun beruntung angka pernikahan dini saat ini sudah mengalami penurunan hingga 30 % dibanding tahun 2013 hingga 2014, Menurut Bapak Basuni, S.pd, MM, Kepala Dinas BKKBN Kabupaten Tanah Bumbu saat ditemui Tim Media Center pagi tadi.

Ternyata, ada beberapa penyebab yang mendorong mereka melakukan pernikahan dini. Data Survei terbaru yang di terima Rabu ( 30/03/2016) membuktikan kuatnya tradisi dan cara pandang masyarakat, terutama di pedesaan, masih menjadi pendorong bagi sebagian anak perempuan menikah dini.
Survei ini menunjukkan pernikahan anak, termasuk yang berusia 12-14 tahun, masih terjadi karena adanya dorongan dari sebagian masyarakat, orangtua, atau bahkan anak yang bersangkutan.

Selain itu, penyebab utama pernikahan dini adalah rendahnya akses pendidikan, kesempatan di bidang ekonomi, serta kualitas layanan dan pendidikan kesehatan reproduksi, terutama untuk anak perempuan. Selain itu tingkat kemiskinan juga turut menentukan situasi pernikahan anak. Dan menurut tradisi jika anak perempuan tidak segera menikah, maka dia akan menjadi gunjingan atau dianggap tidak laku.

Oleh karenanya Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi ke Pemerintah Daerah sedang gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya di Tanah Bumbu, dan BKKBN Pusat bekerja sama dengan BKKBN Tanah Bumbu akan melaksanakan Penyuluhan secara detail mengenai dampak Pernikahan dini pada Organ Reproduksi di Kantor Kapet tanggal 05 April 2016 mendatang, “ ujarnya”.

/Media Center Tanbu

Berita Terkait

Pemkab Tanbu Gelar Pasar Murah

admin

TP PKK Tanbu: Pentingnya Kader Pangan di Posyandu

admin

Peranan Dunia Usaha dan Media dalam Mewujudkan KLA di Tanbu

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link