Pemerintahan

Alat Mitigasi Bencana Banjir Antarkan Warga Kecamatan Mantewe Juara III Lomba TTG Tingkat Kabupaten

BATULICIN – Alat Mitigasi Bencana Banjir Antarkan Warga Kecamatan Mantewe Juara III Lomba TTG Tingkat Kabupaten, Selasa (13/6/2023) pagi.

Bertempat di Halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu, Bupati H.M. Zairullah Azhar melalui Kepala DPMD Tanbu. Samsir menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Inovasi Tepat Guna (TTG) Tahun 2023. Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Salah satu penerimanya adalah Herry Efendy warga Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mantewe. Yang berhasil meraih Juara III dan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan. Dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Herry Efendy, salah satu warga Kecamatan Mantewe, tepatnya warga Desa Dukuh Rejo berhasil meraih Juara III pada lomba TTG Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Mantewe, M. Syabaruddin. Saat mendampingi dalam penyerahan hadiah tersebut.

Dalam lomba itu, Kecamatan Mantewe turut andil dalam lomba TTG. Yang diwakili oleh Desa Dukuh . Dengan Alat Mitigasi Bencana Banjir yang diberi nama “PETIR” atau Pemantau Tinggi Air Sungai berbasis IOT (Internet Of Things).

Alat tersebut tercipta dari suatu permasalahan yang terjadi di Desa Dukuh Rejo. Melalui alat ini. Kita dapat mengetahui informasi berupa indikator ketinggian/level air sungai. Dengan tanda dari pembacaan nilai jarak air dengan sensor.

“Harapannya kedepan. melalui inovasi ini desa-desa lainnya di Kecamatan Mantewe. Juga ikut berpartisipasi pada kegiatan lomba TTG. Sehingga dapat menciptakan teknologi yang bagus dan tepat sasaran, serta bermanfaat,” sebutnya.

Adapun indikator pada alat PETIR. Yaitu jika jarak air dengan sensor lebih dari 320 cm, atau kurang dari 350 cm. Maka indikator LCD berwarna hijau menyala. Dengan status tampilan Aman.

Jika jarak air dengan sensor lebih dari 100 cm, atau kurang dari 150 cm. Maka indikator berwarna kuning menyala dengan status tampilan Siaga. Dan jika jarak air dengan sensor lebih 30 cm atau kurang dari 50 cm. Maka indikator berwarna merah menyala dengan status tampilan Bahaya. (Shy)

 

 

Berita Terkait

Wabup Tanbu Muh Rusli gelar Open House, Semangat sambut tamu

admin

Wakil Bupati Muh Rusli Salat Id di Mushola Al Madani Pelita 5

admin

Bupati Tanah Bumbu gelar Open House di Istana Anak Yatim

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya

Selamat Datang

di MC Tanbu 

Dapatkan Berita Terbaru Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu
DOWNLOAD NOW
close-link