ok
Satpol PP Lakukan Patroli Wilayah

BATULICIN – Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan potroli wilayah di Kecamatan Simpang Empat pada Minggu (03/10/2021).

Tim patroli wilayah bersama PPUD melaksanakan cipta kondisi pencegahan gangguan ketertiban dan ketentraman umum serta pengawasan protokol kesehatan PPKM Level 3.

Adapun dasar hukum pada kegiatan tersebut adalah, Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, Permendagri Nomor 121 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis Mutu Pelayanan Dasar Sub Urusan Ketentraman dan Ketertiban Umum di Provinsi dan Kabupaten/Kota, Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2017 Tentang Penanggulangan Prostitusi, dan Peraturan Daerah Nomor 09 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Sedangkan tindakan pada kegiatan tersebut adalah, tim melakukan monitoring pengaduan warga tentang adanya gangguan Ketertiban dan ketentraman Umum di kawasan Batu Ampar, tentang adanya kegiatan THM yang tidak berizin dan adanya indikasi kegiatan prostitusi.

Selain itu, tim juga melakukan monitoring agar selalu mengingatkan kepada pemilik usaha dan pengunjung untuk selalu menjaga protokol kesehatan dimasa PPKM Level 3. (Ags)

Petugas Satpol PP Dan Damkar Tanbu Lakukan Pengawasan PTM di Tiga Kecamatan

BATULICIN – Meskipun penerapan pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Tanah Bumbu sudah berjalan sejak Senin 13 September 2021, namun tetap dengan menerapkan Protokol Kesehatan ketat di setiap sekolah.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan terhadap penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah.

Adapun Pengawasan protokol kesehatan yang dilakukan oleh Dinas Satpol PP dan Damkar terkait penyelenggaraan pembelajaran tatap (PTM) disekolah yang di tiga kecamatan yakni, Kecamatan Kusan Hilir, Batulicin dan Simpang Empat.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu M Putu Wisnu Wardhana mangatakan, pengawasan ini dilakukan berdasarkan Perda Nomor 28/2020 Tentang Panduan Tatanan Baru Masyarakat yang Produktif dan Aman Covid-19.

“Dengan dilakukannnya pengawasan ini, tentunya kami berharap setiap sekolah yang malaksanakan kegiatan belajar dan mengajar secara tatap muka tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga murid dan tenaga didik aman dari penularan virus Covid-19,” kata Kadis Pol PP dan Damkar Tanah Bumbu.

Selain itu petugas Satpol PP dan Damkar juga melakukan edukasi dan sosialiasai tentang protokol kesehatan di setiap ruang kelas.

“Kami juga melakukan pengawasan terhadap para penjual makanan yang ada di sekolah agar menghindari kerumunan murid saat berbelanja disekolah,” tandasnya. (Iwn)

Posko PPKM Batu Ampar Lakukan Pemeriksaan Surat Kesehatan

BATULICIN – Posko PPKM Batu Ampar Kecamatan Simpang Empat lakukan pemeriksaan surat kesehatan terhadap warga yang memasuki wilayah perbatasan Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (31/08/2021).

Pemeriksaan surat kesehatan dilakukan dalam rangka pengendalian penyebaran virus Covid-19 di Tanah Bumbu.
“Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 15.00 wita s.d 22.00 wita oleh petugas Posko PPKM Batu Ampar terdiri dari Kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas, Satpol PP, Dishub, Damkar, dan Desa,” ujar Camat Simpang Empat, Suryadi.

Dalam giat tersebut, ucap Camat, tim melaksanakan pengecekan langsung terhadap pengguna jalan raya yang memasuki wilayah perbatasan Kabupaten Tanah Bumbu (Desa Batu Ampar).

Pemeriksaan meliputi Surat Keterangan Rapid Test Antigen, pemeriksaan Tanda Status Vaksinasi/Sertifikat, Pemeriksaan KTP, dan pemberian masker bagi warga yang tidak menggunakan masker.

Dari hasil pengecekan tersebut, warga luar Tanah Bumbu yang melintas di posko Desa Batu Ampar membawa surat lengkap. (Rel)

Satgas Covid-19 Tanbu Bagikan Masker di Pasar Manunggal dan Pasar Pematang Ulin

BATULICIN – Operasi Penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 gencar dilakukan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kali ini, Satgas Covid-19 Tanbu terdiri dari Satpol PP, Kecamatan Karang Bintang, Koramil, dan Polsek Karang Bintang kembali melakukan Operasi Penegakan Protokol Kesehatan dengan sasaran pasar rakyat.

Kegiatan digelar Selasa (31/08/2021) mulai pukul 16.00 s.d 18.00 wita di dua tempat yakni Pasar Pematang Ulin dan Pasar Manunggal Kec. Karang Bintang.

Hasil giat penegakan prokes di Pasar Pematang Ulin tidak ditemukan pelanggaran karena pihak aparat desa setempat bertindak cepat dengan membagikan masker di dalam dan pintu masuk sebelum dimulainya pasar.

Sementara di Pasar Manunggal terdapat pelanggaran protokol kesehatan yg didominasi pengendara sepeda motor dan sebagian penjual yang tidak menggunakan masker sebanyak 103 Orang.

Terhadap sebagian pelanggar diberikan masker serta sosialisasi terhadap pentingnya penerapan protokol kesehatan dan selanjutnya diminta utk menggunakan masker dalam beraktivitas. (Rel)

Bagi Masker Untuk Tekan Penyebaran Covid-19

BATULICIN – Camat Kusan Hilir Arianto Sani dan Satpol PP Kabupaten Tanah Bumbu membagi-bagikan masker gratis ke masyarakat, Selasa (24/08/2021).

Aksi bagi-bagi masker ini dilakukan disejumlah titik yang ada di wilayah Kecamatan Kusan Hilir.

Sasarannya yakni pengguna jalan dan warga yang tidak memakai masker saat melakukan aktivitas diluar rumah.

Selain membagikan masker, pada giat itu, masyarakat juga diingatkan dan diedukasi untuk tidak abai akan protokol kesehatan (prokes) COVID-19. (Rel)

Operasi Yustisi Digelar di Satui

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu iembali menggelar operasi yustisi.

Kali ini ooerasi dilaksanakan di wilayah Kecamatan Satui, pada Sabtu (17/07/2021) malam.

Operasi dipimpin langsung Camat Satui Abdul Rahim dengan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar, Komisi Penanggulangan AIDS, serta TNI dan Polri.

Abdul Rahim menjelaskan, sasaran kegiatan adalah pencegahan penyakit masyarakat (pekat) di beberapa tempat hiiburan dan hotel di wilayah itu.

Selain operasi yustisi, ia menambahkan, juga dilakukan penyuluhan HIV/AIDS.

Dalam kesempatan itu juga diambil sampel darah pada pasangan tidak resmi yang didapati menginap di hotel.

Serta pengambilan sampel darah dari para wanita pemandu lagu di tempat karaoke yang ada di Wilayah Kecamatan Satui. (Rel)

Satpol PP Damkar Tanbu Gelar Patroli Pengawasan, 5 Tempat Hiburan Diberikan Surat Teguran

BATULICIN – Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar kembali melakukan giat operasi Patroli Ketertiban dan Ketentraman Umum di tengah pandemi Covid-19 yang di lakukan diwilayah Kecamatan Simpang Empat.

Adapun sasaran giat dalam operasi patroli pengawasan kali ini yakni tempat hiburan karaoke dan cafe di Kecamatan Simpang Empat.

Dalam operasi tersebut, petugas memberikan surat teguran pada 5 buah tempat karaoke yang beroperasi tanpa memiliki izin usaha.

Dari 5 tempat karaoke tersebut petugas mendapati tiga tempat karaoke yang ada pengunjungnya sedang minum minuman keras di dalam room karaoke.

Selanjutnya sisa miras diamankan oleh petugas untuk dijadikan barang bukti dan kemudian akan dimusnahkan.

Petugas kemudian memberikan surat larangan untuk beroperasi kepada pemilik karaoke yang belum memiliki izin, sedangkan untuk pengunjung dan pemilik karaoke lain yang melanggar perda akan dikenakan sanksi dan surat teguran.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar M Putu Wisnu Whardana melalui Kepala Bidang Perundang undangan Daerah M Untung RLU, mengatakan, kegiatan patroli pengawasan dilakukan dalam rangka menegakkan peraturan daerah di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dari kegiatan operasi yang dilakukan masih banyak terdapat pelanggaran terhadap peraturan daerah diantaranya terdapat 5 tempat hiburan yang tidak memiliki izin dan menyediakan minuman keras.

“Semua tempat hiburan yang melanggar aturan dan tidak memiliki izin, sesuai dengan SOP kita berikan surat teguran kepada pemilik tempat hiburan,” kata Kabib PPUD Satpol PP Damkar Tanbu.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh pemilik tempat hiburan malam untuk segera mengurus perizinan dan tidak menyediakan minuman keras ditempat hiburan. (Iwn)

Tim Gabungan Jaring 3 Orang di Hotel

BATULICIN – Tim Gabungan Satpol PP Damkar, Kelurahan Batulicin dan aparat Polsek Batulicin melakanakan operasi gabungan di hotel dan kos kosan diwilayah Kelurahan Batulicin, Senin (14/06/2021) malam.

Adapun giat operasi gabungan ini menyisir wilayah hotel dan kos yang berada di Kelurahan Batulicin.

Dalam operasi gabungan tersebut aparat menjaring pasangan yang berada di dalam kamar hotel tanpa memiliki identitas resmi seperti buku nikah.

Selanjutnya ketiga orang yang terjaring di bawa kekantor satuan polisi pamong praja dan damkar untuk dilakukan penyidikan oleh aparat Satpol PP.

Setelah selesai penyidikan dan pendataan, ketiga orang yang terjaring diserahkan ke Dinas Sosial Tanah Bumbu untuk dilakukan pembianaan di rumah singgah.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Tanah Bumbu mengatakan, Surya Sudarma mengatakan, Dinas sosial melakukan pembinaan terhadap tiga orang yang terjaring razia selama dua hari. Setelah membuat surat pernyataan, mereka akan dijemput oleh pihak keluarga di rumah singgah.

Sedangkan untuk yang terjaring dari luar daerah juga akan diberikan pembinaan oleh Dinas Sosial dan akan dipulangkan kekampung halamannya. (Iwn)

Wabup Muh. Rusli Kunjungi Satpol PP Provinsi

BANJARBARU – Demi tingkatkan pelayanan di Kabupaten Tanah Bumbu, hingga ketentraman masyarakat, Wakil Bupati Muh. Rusli, bertandang ke Satpol PP Provinsi Kalimantan Selatan.

Dia datang untuk berkoordinasi dengan pihak Satpol PP dan Damkar Provinsi, terkait apa saja yang dilakukan untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Ada beberapa hal yang harus dipelajarinya, sehingga nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Jumat (11/06/2021) lalu.

“Jadi kami melaksanakan Koordinasi teknis pelaksanaan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat untuk pembentukan satgas linmas di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Muh. Rusli.

Dengan koordinasi tersebut, diharapkan nantinya bisa diterapkan di Kabupaten yang punya misi menjadikan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah.

Ke depan, Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu akan membentuk Satgas Linmas untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Ini semua kita lakukan untuk masyarakat Tanbu agar tetap tertib, tentram dan kondusif,” tandasnya. (Iwn)

Satpol PP Lakukan Patroli Wilayah di Kecamatan Simpang Empat

BATULICIN – Satpol PP Kabupaten Tanah Bumbu melakukan patroli wilayah dengan sasaran Kecamatan Simpang Empat, Rabu (02/06/2021).

Patroli wilayah ini dalam rangka kegiatan cipta kondisi pencegahan gangguan Ketentraman dan Ketertiban Umum melalui patroli wilayah.

Dasar hukum dilaksanakanya giat ini yakni ?Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Satuan Polisi Pamong Praja, ?Permendagri Nomor 121 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis Mutu Pelayanan Dasar Sub Urusan Ketentraman dan Ketertiban Umum di Provinsi Dan Kabupaten/Kota, Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2017 Tentang Penanggulangan Prostitusi, dan Peraturan Daerah Nomor 09 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum Dan Ketentraman Masyarakat.

Giat patroli wilayah di Kecamatan Simpang Empat dimulai pukul 08.30 WITA s/d selesai. Dalam giat tersebut, anggota tim yang bertugas sebanyak 6 personil Satpol PP.

Pada giat tersebut, personil Satpol PP melakukan pengawasan pedagang kaki lima yang melanggar ketentuan, hewan ternak yang berkeliaran dijalan umum, bahan bangunan yang melanggar ketentuan, dan spanduk yang melanggar ketentuan.

Tindakan diberikan kepada pelanggar yaitu berupa himbauan dan teguran lisan kepada beberapa pedagang agar tidak menaruh barang dagangannya di atas trotoar dan badan jalan.

Pada giat tersebut, personil Satpol PP juga mendapati spanduk yang melanggar ketentuan dan melakukan dokumentasi untuk di laporkan kebidang yang berwenang untuk ditindak semestinya.

Petugas juga mendapati beberapa bahan bangunan yang berada di atas trotoar dan bahu jalan dan melakukan himbauan kepada pemilik agar memindahkan bahan bangunan secepatnya. (Rel)