ok
Satgas Pengendalian Covid-19 Bagi Masker Untuk Jemaah Sholat Jum’at

BATULICIN – Satgas Pengendalian Covid-19 Kecamatan Simpang Empat kembali melaksanakan kegiatan bagi-bagi masker.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap Jum’at dengan sasaranya jemaah yang hendak melaksanakan ibadah sholat Jum’at di mesjid-mesjid.

Kali ini, dilaksanakan di Mesjid Ar-Raudhah Wardatul Arsyad, Jalan Lapangan 5 Oktober Kecamatan Simpang Empat, Jum’at (17/09/2021).

Satgas Kecamatan Simpang Empat bekerjasama dengan BPBD, Dinas Kominfo, Polsek Simpang Empat, Koramil Simpang Empat, Puskesmas Darul Azhar, dan Desa Bersujud.

Adapun pembagian masker gratis diperuntukan bagi jemaah yang tidak membawa masker saat ke mesjid.

Kepada para jemaah, petugas terus mengingatkan agar disiplin menerapkan protokol kesehatan saat keluar rumah, utamanya memakai masker.

“Selain bagi-bagi masker, masyarakat juga diingatkan pentingnya menerapkan prokes Covid-19,” ucap Mukhyar dari Dinas Kominfo Tanah Bumbu. (Rel)

360 Warga Disuntik Vaksin di Kecamatan Karang Bintang

BATULICIN – Warga di Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu sangat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19, Rabu (1/8/2021).

Camat Karang Bintang, Norhidayat mengatakan ada sebanyak 360 warga yang disuntik vaksin pada kegiatan itu.

“Vaksin yang disiapkan sesuai jumlah pendaftar,” kata Camat.

Kegiatan vaksinasi yang digelar di Kecamatan Karang Bintang bekerjasama dengan Kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas Batulicin 1, dan Puskesmas Karang Bintang.

Dikatakan Camat, Ia bersama pihak terkait lainnya akan terus berupaya memperbanyak warga yang divaksin agar tercipta herd immunity di masyarakat sehingga dapat menekan dan memutus rantai penyebaran Covid-19. (Rel)

Posko PPKM Batu Ampar Lakukan Pemeriksaan Surat Kesehatan

BATULICIN – Posko PPKM Batu Ampar Kecamatan Simpang Empat lakukan pemeriksaan surat kesehatan terhadap warga yang memasuki wilayah perbatasan Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (31/08/2021).

Pemeriksaan surat kesehatan dilakukan dalam rangka pengendalian penyebaran virus Covid-19 di Tanah Bumbu.
“Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 15.00 wita s.d 22.00 wita oleh petugas Posko PPKM Batu Ampar terdiri dari Kecamatan, Koramil, Polsek, Puskesmas, Satpol PP, Dishub, Damkar, dan Desa,” ujar Camat Simpang Empat, Suryadi.

Dalam giat tersebut, ucap Camat, tim melaksanakan pengecekan langsung terhadap pengguna jalan raya yang memasuki wilayah perbatasan Kabupaten Tanah Bumbu (Desa Batu Ampar).

Pemeriksaan meliputi Surat Keterangan Rapid Test Antigen, pemeriksaan Tanda Status Vaksinasi/Sertifikat, Pemeriksaan KTP, dan pemberian masker bagi warga yang tidak menggunakan masker.

Dari hasil pengecekan tersebut, warga luar Tanah Bumbu yang melintas di posko Desa Batu Ampar membawa surat lengkap. (Rel)

Satgas Covid-19 Tanbu Bagikan Masker di Pasar Manunggal dan Pasar Pematang Ulin

BATULICIN – Operasi Penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 gencar dilakukan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kali ini, Satgas Covid-19 Tanbu terdiri dari Satpol PP, Kecamatan Karang Bintang, Koramil, dan Polsek Karang Bintang kembali melakukan Operasi Penegakan Protokol Kesehatan dengan sasaran pasar rakyat.

Kegiatan digelar Selasa (31/08/2021) mulai pukul 16.00 s.d 18.00 wita di dua tempat yakni Pasar Pematang Ulin dan Pasar Manunggal Kec. Karang Bintang.

Hasil giat penegakan prokes di Pasar Pematang Ulin tidak ditemukan pelanggaran karena pihak aparat desa setempat bertindak cepat dengan membagikan masker di dalam dan pintu masuk sebelum dimulainya pasar.

Sementara di Pasar Manunggal terdapat pelanggaran protokol kesehatan yg didominasi pengendara sepeda motor dan sebagian penjual yang tidak menggunakan masker sebanyak 103 Orang.

Terhadap sebagian pelanggar diberikan masker serta sosialisasi terhadap pentingnya penerapan protokol kesehatan dan selanjutnya diminta utk menggunakan masker dalam beraktivitas. (Rel)

Kegiatan Posko PPKM Level IV Mantewe Tanggal 31 Agustus 2021

BATULICIN – Dalam rangka menekan dan menghentikan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu, Posko PPKM Level IV Kecamatan Mantewe terus melakukan skrining.

Pada hari Selasa (31/08/2021), Petugas Posko PPKM Mantewe kembali melakukan giat skrining terhadap pengendara dari arah Hulu Sungai menuju Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel.

Giat dilakukan mulai pukul 08.00 s.d 19.00 Wita dengan sasaran pengendara dan penumpang roda dua dan roda empat.

Setelah dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan swab antigen oleh petugas medis kepada 17 orang, hasilnya ditemukan 2 orang gejala Covid-19.

Dua orang tersebut dari Kandangan, Kab. HSS menuju Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu dan telah di konfirmasikan ke Petugas Kesehatan di Kecamatan Simpang Empat untuk ditindaklanjuti.

Adapun petugas Posko PPKM Mantewe terdiri dari 2 orang Petugas Polsek Mantewe, 2 orang Koramil Mantewe, 4 orang petugas Kecamatan Mantewe, 4 petugas Puskesmas, dan 2 petugas Desa Mantewe. (Rel)

Tinjau Jembatan Putus Akibat Banjir, Wabup Minta PUPR Segera Perbaiki

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu Muh Rusli meninjau jembatan batuharang didesa Mentewe Kecamatan Mentewe yang putus akibat terdampak banjir, Senin (30/08/2021).

Banjir menimpa desa mentewe RT 07 tersebut membuat akses masyarakat terhambat yang disebabkan putusnya jembatan batuharang sekitar 175 KK dan 350 jiwa terisolir akibat dampak dari banjir.

Adapun jembatan batuharang di desa Mentewe yang rusak sepanjang 100 meter dengan lebar 3 meter.

Wakil Bupati Muh Rusli saat meninjau lokasi jembatan batuharang yang putus akibat banjir mengatakan, Saya berharap Dinas PUPR segera memperbaiki jembatan yang rusak dan segera bekoordinasi dengan Kodim 1022 untuk meminjam jembatan sementara atau Deli untuk digunakan masyarakat sementara.

” Sambil menunggu di perbaiki Dinas PUPR segera berkoordinasi denga Kodim 1022 untuk meminjam jembatan sementara agar aktivitas masyarakat tetap berjalan,” Kata Muh Rusli Wakil Bupati Tanah Bumbu.

Selain itu Wakil Bupati juga mengintruksikan kepada Dinas Sosial Tanah Bumbu dan BPBD agar memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di desa Mentewe.

Wakil Bupati juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada menghadapi cuaca ekstrim dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Saat meninjau lokasi jembatan yang terputus akibat banjir Wakil Bupati didampingi oleh BPBD, Dinas PUPR, Dinas Perkimtan, dan Forkopimcam Mentewe. (Iwn)

Satgas Covid-19 Kusan Hilir Bagikan Masker Gratis

BATULICIN – Satgas Covid-19 Kabupaten Tanah Bumbu membagikan masker gratis kepada warga, Minggu (29/08/2021) malam.

Camat Kusan Hilir, Arianto Sani yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kusan Hilir, mengatakan pembagian masker gratis dan pemeriksaan suhu kepada warga di Kecamatan Kusan Hilir ini agar warga masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Kami ingin masyarakat semakin patuh menjalankan Prokes Covid-19, seperti memakai masker saat beraktifitas di luar rumah,” ujar Arianto Sani.

Camat menambahkan, selain bagi-bagi masker ke warga, pada giat tersebut pihaknya mengedukasi warga masyarakat terkait PPKM Level 4 di Kabupaten Tanah Bumbu serta sosialisasi protokol kesehatan Covid-19.

Pada kegiatan kali ini, setidaknya ada 6 (Enam) Posko PPKM Desa yang dikunjungi yakni Desa Pejala, Desa Pagaruyung, Desa Juku Eja, Desa Rantau Panjang Hulu, Desa Muara Pagatan, dan Desa Kampung Baru. (Rel)

Kunjungi Korban Banjir di Satui, Wabup Muh. Rusli Serahkan Bantuan Makanan

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Muh. Rusli meninjau sekaligus menyerahkan bantuan makanan berupa nasi bungkus dan minuman bagi masyarakat terdampak banjir di Kecamatan Satui, Minggu (15/08/2021).

Wabup hadir didampingi Camat Satui Abdul Rahim, BPBD, dan Tim Tagana Dinas Sosial Tanah Bumbu.

Dalam kunjunganya itu, Wabup Muh. Rusli meninjau langsung kerumah-rumah warga untuk melihat kondisi warga terdampak banjir.

Wabup juga melakukan kunjungan ke Dapur Umum yang didirikan oleh Tim Tagana Dinsos Tanbu dan juga menyerahkan bantuan nasi bungkus kepada masyarakat yang terdampak banjir di tempat pengungsian di SMPN 4 Satui.

Wabup menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah banjir yang dihadapi.

Sementara itu, untuk bantuan makanan dan minuman yang diserahkan dalam rangka meringankan beban warga yang kebanjiran.

Bantuan makanan dan minuman sifatnya darurat karena dibutuhkan segera oleh warga masyarakat terdampak banjir. (Rel)

Sekda Pimpin Operasi Yustisi dan Sosialisasi Penerapan PPKM Level 4 di Tanah Bumbu

BATULICIN – Seiring dengan ditetapkannya status (Pemberlakuan Pembatasatan Kegiatan Masyarakat) PPKM di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi Level 4 oleh Pemerintah Pusat bersama dengan 5 Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah H Ambo Sakka turun langsung memimpin langsung kegiatan operasi yustisi sekaligus sosialisasi penerapan PPKM level 4 di wilayah ini.

Operasi yustisi dan sosialisasi dimulai pada pukul 20.00 Wita dengan melakukan apel gabungan yang bertempat di halaman Kantor Kecamatan Simpang Empat, Rabu (12/08/2021) malam.

Dalam operasi yustisi tersebut, Sekretaris Daerah bersama petugas gabungan dari satgas Covid-19 Kabupaten, Kecamatan, TNI Polri dan Satpol PP menyisir ke tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, warung makan, toko hingga lokasi tongkrongan yang berada di wilayah Kecamatan Simpang Empat dan Batulicin.

“Malam ini kita menggelar operasi yustisi protokol kesehatan kepada masyarakat, hanya saja sifatnya masih persuasiasif sekaligus sosialisasi dan himbauan,” kata Sekda.

Dalam operasi tersebut, Sekda bersama tim gabungan melakukan penyisiran dengan berjalan kaki ke tempat keramaiaan yang masih ditemukan masyarakat yang tak mematuhi prokes.

Menurut Sekda Ambo Sakka, level 4 yang disandang Tanah Bumbu akibat tingginya angka kasus terkonfirmasi Covid-19 belakangan ini..

“Faktor utama lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 karena masih minimnya disiplin masyarakat dalam menerapkan prokes. Tapi kita terus berupaya memberikan sosialisasi dan edukasi,” tandas Ambo Sakka.

Pihaknya berharap dengan aksi-aksi persuasif seperti ini, masyarakat bisa mengerti dan memahami pentingnya prokes untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Namun jika tetap masih membandel, kita akan coba memberlakukan tindakan tegas,” sambungnya.

Terkait penerapan PPKM level 4 dengan pemberlakukan pengetatan aktivitas masyarakat, berlaku hingga 23 Agustus 2021 mendatang. Ia mengaku Pemkab tak ingin merusak perekonomian masyarakat, tapi ini aturan yang harus dijalankan.

“Kita berharap sebelum 23 Agustus kasus Covid-19 melandai. Karena itu dihimbau kepada masyarakat agar disiplin, supaya masalah ini tak berlarut-larut. Kasian warga jika usahanya terganggu,” harapnya.

Dalam operasi yustisi kali ini, Pemkab Tanah Bumbu membatasi jam operasional kegiatan usaha masyarakat hingga pukul 20.00 waktu setempat. Tim gabungan akan melakukan monitoring dengan patroli keliling untuk memastikan kepatuhan masyarakat.

Selain operasi yustisi, penerapan PPKM level 4 ini, Pemkab membangun sejumlah posko di titik-titik strategis pintu keluar masuk Kabupaten. Diantaranya di perbatasan dengan kabupaten tetangga dan sejumlah pelabuhan.

Turut dalam kegiatan operasi yustisi tersebut Kepala BPBD, Kadis Perhubungan, Kadis Kominfo, Plt Kadis PMD, kemudian Camat Simpang Empat dan Batulicin bersama jajarannya. (Iwn)

Sekda Pimpin Rakor Teknis Pemberlakuan PPKM Level 4

BATULICIN – Pemerintah melanjutkan lagi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM sesuai level masing-masing, mulai Selasa 10 Agustus 2021 hingga Senin 16 Agustus 2021.

Di Kalimantan Sendiri, sebanyak enam kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4,termasuk Kabupaten Tanah Bumbu.

Menyikapi hal tersebut, pada 10 Agustus 2021 lalu, Bupati HM Zairullh Azhar langsung melakukan Rapat Koordinasi dengan unsur Forkopimda guna membahas persiapan dan langkah-langkah yang harus diambil pemerintah daerah.

Kemudian pada Rabu (11/08/2021), bertenpat di Posko Induk Satgas Covid-19, BPBD Tanbu, kembali dilanjutkan rakor dengan pihak terkait membahas teknis pelaksanaan Pemberlakuan PPKM Level 4 dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19 di Bumi Bersujud.

Rakor dipimpin Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, dihadiri unsur Forkopimda dan instansi vertikal serta pihak terkait seperti Asisten dan Staf Ahli, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Dinas PMD dan seluruh Kecamatan.

Sekda menyampaikan, rapat membahas peningkatan status Kabupaten Tanah Bumbu menjadi Level 4 oleh pemerintah, sehingga perlu dobahas teknis pelaksanaan pemberlakukan tersebut.

Ia Menjelaskan, setelah pelaksanaan rapat yang dipimpin Bupati kemarin, diputuskan beberapa hal yang harus segera dilakukan, diantaranya pendirian posko di beberapa lokasi keluar masuknya penduduk seperti perbatasan antar kabupaten dan pelabuhan.

Diantara posko tersebut, yaitu yang berada di Kecamatan Satui, Simpang Empat dan Mantewe. Serta posko induk yang ada di BPBD Kabuaten Tanah Bumbu.

Lokasi posko diantaranya, Kecamatan Satui yaitu pelabuhan Satui Timur, Pelabuhan Satui Barat, dan perbatasan darat dengan Tanah Laut. Di Kecamatan Simpang Empat diantaranya Pelabuhan Fery, Pelabuhan Speedboat, Pelabuhan Samudra dan perbatasan darat dengan Kotabaru. Di Kecamatan Mantewe yaitu perbatasan

Selanjutnya Sekda meminta pihak kecamatan mempersiapkan personil dengan melibatkan unsur TNI Polri, SKPD, serta pemerintah desa, yang diperkuat dengan surat tugas oleh Camat. Sedangkan fasilitas pendukung akan disiapkan oleh pemerintah kabupaten.

Di posko tersebut akan dilakukan beberapa pemeriksaan kelengkapan surat perjalanan, baik keterangan vaksin, keterangan hasil Swab antigen ataupun PCR, hingga pengambilan Swab antigen ditempat. (Rel)